Genset Ngadat? Inilah penyebabnya

0
13
Genset Ngadat
Genset Ngadat

Genset Ngadat? Ini penyebabnya! Genset Ngadat? Ini penyebabnya! Genset atau dudukannya adalah Generator Set. Sebenarnya Genset adalah perangkat yang terdiri dari generator dan drive-nya. Drive generator yang biasa digunakan adalah Mesin Diesel.ada perbedaan antara Genset dan Generator yaitu generator lengkap dengan drive (generator set) sedangkan generatornya adalah pembangkit listrik.

Sesuai dengan fungsi Genset adalah untuk menghasilkan listrik untuk disalurkan ke jaringan instalasi listrik dan digunakan untuk memperoleh berbagai peralatan listrik.Lebih dari Genset yang terlihat dianggap salah satu yang terbaik atau rusak yang mungkin terjadi.

Generator tidak keluar tegangan dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk:

Mesin Genset tidak dioperasikan secara normal

Mesin genset tidak berfungsi normal juga bisa jadi tegangan generator tidak keluar. Generator menghasilkan tegangan ketika diputar dengan rotasi 1500 Rpm.

Cara Mengatasi:

Nyalakan mesin penggerak dari generator. sudah siap di 1500 Rpm. jika rotasi masih kurang, tambah putaran mesin sampai kecepatan normal diperoleh.

Saklar utama pada generator belum terhubung.

Sakelar penghubung dari generator ke instalasi listrik harus dinyalakan sehingga tegangan dari generator set mengalir ke instalasi listrik.Penyebab ini juga jarang, setelah menyelesaikan mesin sampai selesai dengan rotasi normal, maka saklar dipindahkan lengkap.

Genset Ngadat

Sakelar utama yang umum digunakan adalah MCCB atau Breaker (untuk genset 3 phase), MCB (untuk genset 1 phase).

Sakelar ini berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan sambungan listrik dari generator ke instalasi listrik, serta keselamatan saat ada arus lebih atau korsleting.

Pastikan tegangan listrik ada di sakelar utama ketika generator dioperasikan atau dihidupkan.

Ketika generator telah dihidupkan, saklar utama juga terhubung, periksa terminal penggantian pada saklar utama dengan tespen, jika tegangan dari generator berada di terminal output dari saklar utama tidak ada tegangan, ganti saja pada saklar utama.

Periksa dan pasang kabel pada dioda bagian dalam dan hubungkan dengan benar.

Mungkin ada dioda yang rusak atau rusak, periksa dioda di penyearah berputar.