7 Infrastruktur Penunjang di Universitas Indonesia

0
18
universities in Indonesia

Universitas Indonesia atau yang akrab disebut UI merupakan kampus negeri yang sudah bertaraf internasional. Sebagai salah satu best universities in Indonesia, kampus ini tentu saja menawarkan infrastruktur penunjang belajar yang lengkap dan berkelas. Dengan adanya berbagai infrastruktur tersebut, mahasiswa bisa belajar dan menempuh pendidikan dengan maksimal. Apakah Anda penasaran apa saja infrastruktur menarik yang ditawarkan? Berikut di antaranya:

Perpustakaan

Semua kampus memang memiliki perpustakaan, namun perpustakaan di kampus ini spesial. Hal tersebut lantaran perpustakaan pusatnya menjadi salah satu perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Perpustakaan pusat menawarkan akses ilmu untuk berbagai fakultas. 

Lokasinya berada di Gedung Crystal of Knowledge. Berbagai macam koleksi buku bisa Anda pinjam. Beberapa contohnya koleksi buku tentang disiplin ilmu,non buku, majalah, e-book, artikel elektronik, dan lain sebagainya. Anda bisa mencari buku dengan mudah karena ada digital library online information system.

Tempat Makan

Mahasiswa terkadang bisa berada di kampus dari pagi sampai dengan sore hari. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada tempat makan yang disediakan di banyak lokasi. Bahkan setiap fakultas memiliki kantin atau tempat makan khusus untuk mahasiswa. Selain itu, ada juga minimarket, koperasi mahasiswa, restoran, dan lain sebagainya.

Bus Kuning

Kampus Depok memiliki luas yang sangat besar yaitu mencapai 320 hektar. Lokasi antara fakultas satu ke fakultas lainnya pun terbilang cukup jauh. Luasnya tersebut terbagi 25% fasilitas pendidikan dan 75% adalah daerah hutan kota. Untuk memudahkan mobilitas civitas akademik, kampus menyediakan fasilitas berupa Bis Kuning. Bis ini beroperasi setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 07.00 sampai dengan 21.00. Ada halte yang tersebar di berbagai titik kampus.

Sepeda Kuning

Selain Bis Kuning yang bisa digunakan secara gratis, Anda juga bisa menggunakan Sepeda Kuning untuk sampai ke fakultas tujuan. Fasilitas ini bisa digunakan oleh dosen, mahasiswa, ataupun tenaga kependidikan. Mahasiswa harus menunjukkan kartu identitas jika ingin menggunakannya. Sepeda Kuning bisa digunakan mulai dari hari Senin sampai Sabtu pukul 07.30 sampai 16.00.

Klinik

Infrastruktur berupa klinik ini tersedia di kampus Salemba maupun Depok. Layanan yang disediakan berupa poli gigi dan poli umum untuk kampus Depok, sedangkan kampus Salemba menyediakan layanan poli umum. Layanan tersebut dilengkapi juga dengan adanya mobil ambulan. 

Asrama

Mahasiswa UI berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tentu saja mereka membutuhkan tempat tinggal selama menempuh pendidikan. Kampus menyediakan asrama yang bisa dijadikan tempat tinggal oleh mahasiswa. Fasilitasnya pun lengkap mulai dari lemari, tempat tidur, dan meja belajar. Jika ingin tinggal di asrama, mahasiswa harus mendaftar terlebih dahulu di website resmi.

Gedung UKM

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan lembaga kemahasiswaan yang menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa dengan minat dan kegemaran yang sama. Kampus menyediakan gedung UKM untuk berkumpulnya anggota UKM. 

Semua jenis hobi dan passion yang Anda miliki bisa tersalurkan karena kampus memiliki setidaknya 60 UKM. Gedung UKM di kampus ini lebih dikenal dengan nama Pusgiwa atau Pusat Kegiatan Mahasiswa. Ada delapan lantai yang menampung semua UKM di kampus.

Itulah deretan infrastruktur yang disediakan oleh UI sebagai salah satu best universities in Indonesia. Jika ingin menjadi mahasiswa dan merasakan prasarana tersebut, Anda bisa mengikuti tes masuk. Kampus ini menyediakan jenjang pendidikan lengkap mulai dari Vokasi sampai dengan Doktor atau S3. Lihat informasi pendaftaran atau informasi lainnya seputar kampus melalui website www.ui.ac.id