Agar Input ASI Lebih Maksimal, Inilah Tips Meningkatkan Kualitasnya

0
28
input ASI
input ASI

ASI atau Air Susu Ibu adalah sumber gizi terbaik bagi bayi yang berada pada masa tumbuh kembang. Di dalam tetesan ASI, ada banyak sekali kandungan nutrisi yang membantu melindungi si Kecil dari penyakit maupun mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Beberapa manfaat ASI yaitu mencegah obesitas, meningkatkan kecerdasan, menurunkan risiko alergi, dan masih banyak yang lainnya. Agar input ASI lebih maksimal, maka Anda perlu meningkatkan kualitas ASI.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas ASI. Tidak perlu berlama-lama, berikut ini tips yang bisa diikuti:

Mengonsumsi Makanan Sumber Nutrisi

Hal paling penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas ASI adalah meningkatkan kualitas makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan-makanan yang tidak mengandung nutrisi penting misalnya seperti frozen food atau junk food. Sebaliknya, Anda harus mengonsumsi makanan sumber nutrisi penting seperti lemak baik dan protein. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu biji-bijian, alpukat, kacang-kacangan, telur, ikan salmon, dan lain-lain.

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayur kaya akan serat yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI. Variasikan buah dan sayur yang Anda konsumsi agar mendapatkan nutrisi yang lebih beragam. Beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk Anda konsumsi yaitu sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Bukan hanya meningkatkan kualitas ASI saja, sayuran dan buah berserat tinggi juga bisa melancarkan aliran ASI. 

Banyak Minum Air Putih

Input ASI yang maksimal bisa didapatkan dengan kualitas ASI yang baik. Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas ASI adalah dengan banyak minum air putih. Kebutuhan cairan yang selalu terpenuhi membantu menjaga kualitas ASI serta kesehatan ibu. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga tubuh selalu terhidrasi selama menyusui.

input ASI

Perhatikan Kebersihan Makanan yang Dikonsumsi

Sembarangan memilih makanan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda sehingga kualitas ASI pun menjadi menurun. Karena hal tersebut, Anda wajib memperhatikan kebersihan makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Cuci dan bersihkan sayur maupun buah-buahan yang akan dikonsumsi hingga bersih. Bersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum memasak makanan.

Batasi Asupan Kafein

Minuman berkafein merupakan salah satu minuman yang disukai oleh orang dewasa. Namun sayangnya Anda harus membatasi minuman tersebut ketika menyusui. Pasalnya kafein merupakan zat yang bisa membuat bayi menjadi iritasi. Bukan hanya itu saja, kafein juga bisa menyebabkan gangguan tidur pada bayi. Anda diperbolehkan minum minuman berkafein sebanyak 2-3 cangkir sehari. 

Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik pada saat menyusui masih diperbolehkan. Namun Anda juga perlu membatasi aktivitas fisik yang dilakukan tersebut jangan sampai terlalu berat. Anda bisa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Aktivitas fisik yang baik mampu meningkatkan kualitas ASI yang dikeluarkan.

Istirahat yang Cukup dan Kelola Stres

Tips terakhir ini sangat penting untuk dilakukan yaitu istirahat dan kelola stres. ASI yang berkualitas bisa didapatkan apabila Ibu memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang membuat stres dan jangan terlalu overthinking selama menyusui. Selain menurunkan kualitas ASI, kurang istirahat dan stres juga menyebabkan ASI tidak lancar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan kualitas ASI sehingga input ASI untuk si Kecil lebih maksimal. Bagi Anda yang merupakan profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak, bergabunglah dengan Nutricia Professional. Melalui platform tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru. Langsung saja daftarkan diri Anda melalui website resmi Nutricia Professional yaitu nutriciaprofessional.id.

Meta des: