5 cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu

0
28
diamond wedding ring

Berlian merupakan batu perhiasan yang bernilai tinggi dan langka. Batu ini sering dijadikan sebagai ornamen pada perhiasan mulai dari cincin, kalung hingga gelang. Berlian merupakan batu yang cukup kuat karena ia tahan gores, tidak mudah luntur, dan patah. Maka berlian merupakan perhiasan yang cocok untuk disimpan untuk waktu yang lama dan bisa dijadikan alat investasi dengan harga yang tinggi. Namun saat ini sudah banyak beredar berlian imitasi di pasaran. Bagi orang yang baru ingin membeli berlian untuk dijadikan sebagai hadiah dalam bentuk diamond wedding ring akan lebih baik melakukan riset terlebih dahulu untuk mempelajari bagaimana cara mengetahui berlian asli atau palsu. 

Terdapat beberapa metode pengecekan berlian yang dapat kamu terapkan. Jika ingin lebih yakin lagi, bawa berlian tersebut ke toko perhiasan agar dapat diperiksa langsung oleh ahlinya. Tetapi jika kamu yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke toko perhiasan, ada beberapa metode yang dapat kamu coba di rumah. Berikut beberapa metode yang dapat kamu terapkan untuk mengetahui berlian tersebut asli atau palsu sebelum kamu jadikan sebagai wedding ring.

diamond wedding ring
diamond wedding ring

Thermal test

Terdapat alat khusus untuk mengecek berlian yang bernama diamond thermal tester. Alat ini mengukur tingkat konduksi panas pada batu berlian. Hanya memerlukan waktu sekitar 30 detik untuk mengetahui apakah berlian kamu asli atau palsu. Alat ini sudah banyak dijual di toko online dengan harga yang terjangkau.

Sinar UV

Kamu memerlukan lampu sinar UV untuk melakukan test ini. Pastikan ruangan kamu gelap untuk hasil maksimal. Arahkan berlian pada sinar UV dan lihat warna apa yang dihasilkan berlian. Jika berlian kamu memancarkan warna biru, kemungkinan besar itu adalah berlian. Jika yang dipancarkan adalah warna lain, ada kemungkinan batu imitasi. Beberapa berlian memancarkan warna kuning dan ada yang tidak bereaksi sama sekali. Konsultasikan pada ahlinya jika kamu kebingungan.

The Dot test

Terdapat metode yang dinamakan The Dot Test untuk menguji apakah suatu berlian asli atau palsu. Metode ini sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan di rumah, the dot test memanfaatkan efek pembiasan pada berlian. Langkahnya sebagai  berikut: Ambil secarik kertas putih kemudian gambar titik hitam menggunakan pensil atau pulpen. Kemudian letakkan sisi datar berlian di atas titik hitam tersebut. Lihat melalui sisi berlian yang runcing dan jika kamu melihat refleksi titik tersebut di dalam berlian, maka dapat dipastikan berlian itu palsu. Jika kamu tidak dapat melihat titik di dalam refleksi berlian, maka berlian itu asli. Namun tidak semua berlian dapat dites menggunakan metode ini.

Newspaper test 

Metode ini kurang lebih sama seperti the dot test, hanya saja kamu akan menggunakan koran sebagai alat pengujinya. Ambil secarik koran dan letakkan pada permukaan datar, pastikan pencahayaan di ruangan mencukupi dan tidak terlalu gelap. Kemudian lihat tulisan di koran melalui berlian, jika kamu dapat membaca tulisan pada koran dengan jelas atau samar-samar, maka berlian tersebut palsu. Jika kamu tidak dapat membaca tulisan di koran, maka berlian yang kamu miliki merupakan berlian asli.

Water test

Metode yang satu ini sangat simpel, kamu hanya membutuhkan segelas air. Caranya masukkan berlian ke dalam gelas berisi air, pastikan tidak menggunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak berlian. Struktur berlian sangat padat sehingga jika dicelupkan ke dalam air, berlian akan tenggelam. Jika berlian kamu hanya mengambang dan tidak tenggelam, kemungkinan berlian tersebut imitasi. Jika kamu memiliki perhiasan berlian, pastikan mencopot talinya terlebih dahulu.