Fakta Tentang Jurusan Sistem Informasi yang Harus Anda Ketahui

0
28
jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Sistem Informasi adalah salah satu jurusan perkuliahan yang biasanya masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer, sama seperti jurusan Teknik Informatika. Meskipun belum sepopuler Teknik Informatika, namun jurusan Sistem Informasi memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Salah satunya yaitu ilmu bisnis yang dipelajari di Sistem Informasi tidak dipelajari di jurusan ilmu komputer lainnya. Sebelum mengambil jurusan SI atau Sistem Informasi, sebaiknya Anda ketahui beberapa faktanya berikut ini:

Skill yang Dibutuhkan

Jurusan SI masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer jadi jurusan ini juga berkaitan erat dengan teknologi dan informasi. Skill yang dibutuhkan oleh mahasiswa Sistem Informasi pada umumnya sama seperti jurusan ilmu komputer lainnya yaitu kreativitas untuk menciptakan hal baru, penguasaan perangkat komputer, kemampuan berpikir secara sistematis, kemampuan melakukan analisis, kemampuan meneliti, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan mengatur data. Perlu Anda ketahui bahwa Sistem Informasi merupakan penggabungan antara ilmu teknologi komputer dan ilmu manajemen.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Mata Kuliah yang Diajarkan

Jangan heran apabila Anda menemui mata kuliah Bisnis di jurusan Sistem Informasi. Anda nantinya akan belajar mengenai bagaimana caranya mengidentifikasi kebutuhan serta proses bisnis perusahaan berdasarkan data yang ada. Selanjutnya Anda akan merancang sistem yang baik sesuai kebutuhan perusahaan tersebut. Selain ilmu dasar di bidang bisnis, Anda juga akan menemui beberapa mata kuliah seperti Struktur Data, Matematika Diskrit, Statistika Dasar, Algoritma dan Pemrograman, Matriks dan Transformasi Linier, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, dan Sistem Operasi. Kemampuan logika dan matematika memang sangat dibutuhkan di jurusan ilmu komputer, termasuk Sistem Informasi.

Prospek Kerja Lulusan

Prospek kerja menjanjikan menjadi salah satu alasan mengapa Sistem Informasi banyak diminati meskipun terbilang masih baru. Beberapa prospek kerja lulusannya yaitu:

  • Network Administrator

Network Administrator banyak dimasuki oleh lulusan baru jurusan SI. Lingkup kerjanya meliputi analisis kebutuhan klien mengenai sistem informasi, mendesain, kemudian mengembangkan sistem informasi. Untuk menjadi Network Administrator, Anda perlu menguasai matematika dan kemampuan memecahkan masalah.

  • Software Developer

Software Developer tidak hanya bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika saja namun juga bisa dimasuki oleh lulusan Sistem Informasi. Tugas utama jika menjadi Software Developer adalah membuat, mengembangkan, dan menguji software yang dibuat.

  • Database Administrator

Database Administrator tentu saja berhubungan dengan basis data atau data yang berjumlah besar. Pekerjaan seorang Database Administrator yaitu mengolah data bisa diakses dengan mudah, namun tetap terjaga keamanannya. Beberapa kemampuan yang harus Anda miliki yaitu pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, kerjasama tim, dan komunikasi yang baik dengan tim lain.

  • ERP Consultant

ERP atau Enterprise Resource Planning penting bagi sebuah perusahaan agar manajemen bisnis bisa terintegrasi dengan baik. Namun ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat ERP yang efisien. Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang ERP bisa menjadi ERP Consultant. Tugasnya yaitu memastikan ERP di perusahaan berjalan efisien dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul.

Itulah beberapa fakta mengenai jurusan Sistem Informasi yang harus Anda ketahui. Untuk Anda yang memang sudah mantap masuk jurusan ini, Anda bisa bergabung dengan STMIK Bidakara. Institusi pendidikan tinggi dari IDS Digital College ini menghadirkan program jurusan SI dengan berbagai keunggulan. Salah satunya yaitu kurikulum yang digunakan berbasis internasional karena IDS Digital College bekerja sama dengan universitas luar negeri.

Selain kurikulum internasional, Anda juga akan mendapatkan pembelajaran sesuai dunia profesional saat ini karena sistem penugasan menggunakan konsep real world assignment. Pengajar yang kompeten dan profesional dapat membantu Anda mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang berat. Pendaftaran sebagai mahasiswa IDS Digital College bisa Anda dapatkan di website resminya yaitu ids.ac.id.