Manfaat Fitur Marketplace dan Google Trend

0
36
Belajar Internet Marketing
Belajar Internet Marketing

Ketika belajar internet marketing, salah satu hal penting yang Anda pelajari adalah riset produk. Riset produk ini adalah kunci utama dalam dunia internet marketing.  Riset ini perlu dilakukan saat akan memulai berjualan sehingga dapat menentukan jenis produk yang akan dijual.

Anda perlu mengetahui pentingnya riset ini. Selain untuk menghindari produk tidak laku di pasaran, Anda bisa melihat potensi, keinginan, dan minat calon konsumen terhadap produk yang akan dijual. Anda bisa memanfaatkan fitur Marketplace dan Google Trends untuk melakukan riset produk.

Belajar Internet Marketing
                                                                      Belajar Internet Marketing

1. Fitur Marketplace

Langkah mudah melakukan riset produk yaitu Anda harus mengunjungi beberapa marketplace terkemuka yang sering menjadi destinasi tempat berbelanja. Dalam marketplace tersebut selalu tersedia jenis produk best seller. Lalu, Anda bandingkan antara sebuah situs dengan situs yang lainnya agar hasil riset lebih akurat. Dengan begitu Anda akan mengetahui secara akurat jenis produk, kualitas produk, harga produk, dan karakteristik toko yang sering dikunjungi konsumen sebelum memulai internet marketing.

2. Fitur Google Trends

Fitur Google Trend akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi mengenai hal yang banyak ditelusuri pengguna internet, dalam hal ini produk trend yang banyak ditelusuri oleh calon konsumen di suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Dengan mengunjungi Google Trends dan memasukkan kata kunci produk yang ingin anda survey. Kemudian, fitur ini akan menunjukkan grafik berapa jumlah pencarian pengguna internet untuk produk yang Anda cari.

Apabila grafiknya mengalami kenaikan atau peningkatan berarti produk tersebut sedang ramai di pasaran. Namun apabila grafiknya mengalami penurunan, produk yang Anda cari sedang sepi atau tidak laku di pasaran. Fitur ini adalah rujukan akurat untuk Anda yang ingin mengetahui potensi pasar dan animo konsumen terhadap produk yang akan Anda jual.

Selain kedua fitur di atas, masih banyak fitur lainnya yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset produk. Anda bisa mengetahui berbagai hal tentang internet marketing dan mempelajarinya dengan berbagai strategi belajar internet marketing di IDS (International Design School). IDS menyediakan berbagai program untuk membantu Anda menjadi internet marketer sukses.