Alasan yang Mendasar Mengambil Jurusan Sistem Informasi

0
726
jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Dibandingkan dengan jurusan lain terkhusus jurusan yang berkaitan dengan komputer, jurusan kuliah Sistem Informasi memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jurusan ini. Dan beberapa kelebihan dengan mengambil jurusan sistem informasi di IDS Digital Collage diantaranya:

  • Fokus pada pemahaman dalam pengembangan informasi

Dalam jurusan ini Anda akan mempelajari kemampuan yang tidak banyak dimiliki jurusan lain. Anda akan diajarkan bagaimana cara mengembangkan sistem informasi untuk memperkaya teori, metode dan paradigma yang telah eksis, merencanakan proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Memonitor proyek pembuatan konstruksi teknologi informasi sebagai komponen utama dalam sistem informasi, mengelola pemeliharaan sistem informasi (termasuk maintenance, supports/dukungan, dan services/pelayanan) yang telah diterapkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi, mengembangkan metode baru yang dapat dipergunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan proyek sistem informasi.

  • Tidak terjun langsung mengoperasikan hardware

Karena Sistem Informasi lebih condong ke pengembangan sistem, maka mahasiswa jurusan ini tidak akan terlibat langsung pada perangkat keras. Namun, ilmu dasar mengenai perangkat keras harus dikuasai agar bisa menentukan perangkat keras yang hendak digunakan dalam sistem yang akan diterapkan.

  • Dapat menganalisis program

Materi yang diberikan lebih memfokuskan untuk menganalisis kebutuhan sistem dari suatu perusahaan dan merancang sistem yang sesuai kebutuhan dan tujuan untuk perusahaan.

  • Mendapat mata kuliah bisnis sebagai tambahan

Dilihat dari daftar mata kuliah jurusan ini, akan terlihat lebih mengarah pada penerapan sistem berbasis komputer untuk dunia bisnis dan manajemen. Karena kemampuan lulusan mahasiswa informasi   harus menjadi perantara bagi orang teknis dengan pengguna yang masih awam soal komputer.

  • Bisa mendapat mata kuliah teknik dari kuliah peminatan

Meskipun kelihatannya dalam jurusan ini tidak berkaitan dengan teknik pemrograman, Anda masih bisa kok mengambil mata kuliah pemrograman dalam jurusan ini.  Anda bisa memilihnya pada mata kuliah peminatan yang disediakan oleh fakultas.

  • Siswa SMA dari jurusan IPS bisa masuk dalam kategori

Mengapa siswa dari jurusan IPS bisa mengambil jurusan ini? Karena di dalam sistem informasi terdapat penerapan sistem yang berbasis dengan bisnis dan manajemen. Salah satu hal penting dalam sebuah perusahaan pasti memiliki program bisnis yang bagus.

  • Banyak lapangan pekerjaan

Setelah Anda lulus kuliah, peluang Anda untuk bekerja cukup luas. Seiring perkembangan zaman, perusahaan membutuhkan pengembangan sistem yang fleksibel, efektif, dan efisien. Mahasiswa lulusan Informasi dapat melaksanakan pekerjaan tersebut, karena fungsi sistem informasi lebih terfokus pada pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan juga maintenance sistem informasi.

Jika ada kelebihan pastinya juga memiliki kekurangan, tetapi lebih tepatnya mungkin tidak cocok untuk Anda. Berikut penjelasan terkait mengapa Anda tidak cocok mengambil jurusan sistem informasi:

1. Ilmu teknik informasi tidak terlalu mendalam

Jurusan ini berfokus pada pengembangan dan segala hal yang terkait dengan Sistem Informasi, dan teknik pemrograman dan perangkat lunak lebih condong menjadi fokus tambahan. Jika Anda lebih ingin membuat ketimbang merencanakan, sebaiknya Anda tidak memilih jurusan ini.

2. Kurang recommend  untuk Anda yang ingin jadi programmer

Jika Anda memiliki cita–cita menjadi seorang programmer, lebih baik memilih jurusan Teknik Informatika ketimbang Sistem Informasi. Karena mata kuliah yang ada di Sistem Informasi tidak selalu berkaitan dengan programming.

Setelah Anda membaca pembahasan yang telah kami sampaikan, kini tinggal Anda yang memutuskan apakah tertarik untuk memilih Sistem Informasi, atau jurusan lain yang berkaitan dengan komputer. Semoga artikel kami bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan beberapa jurusan yang terkait dengan komputer, khususnya jurusan Sistem Informasi di IDS Digital Collage.