Tips Mendidik Anak Agar Mandiri

0
57
tips mendidik anak
tips mendidik anak

Karakter mandiri merupakan karakter hebat yang akan bermanfaat ketika si Kecil telah tumbuh dewasa. Mereka yang memiliki karakter ini mampu meraih kesuksesan karena bisa menjadi pemimpin yang baik. Sebagai orang tua, Mam bisa membantu menumbuhkan karakter mandiri anak sejak kecil. Hal tersebut kemudian akan melekat seiring perkembangan kepribadian dan juga pertumbuhan karakternya. Ada beberapa tips mendidik anak balita untuk lebih mandiri yang bisa Mam coba, berikut diantaranya:

Membiasakan Si Kecil Mengerjakan Hal Ringan Sendiri

Mam bisa membiasakan si Kecil untuk mandiri dengan cara membiarkan mereka mengerjakan berbagai hal ringan sendiri. Sebagai contoh yaitu membiarkan anak mengambil mainan sendiri, membiarkan anak bangkit sendiri ketika jatuh ringan, dan lain sebagainya. Membantunya melakukan berbagai hal ringan akan membuat si Kecil lebih malas dan manja.

tips mendidik anak
tips mendidik anak

Berikan Beberapa Tugas Ringan

Tidak hanya melatih kemandirian saja, memberikan tugas ringan pada si Kecil juga bisa menumbuhkan karakter tanggung jawab. Sebagai contoh tugas ringan tersebut adalah merapikan mainannya sendiri, menaruh piring kotor pada tempatnya, melepas dan memakai pakaian sendiri, dan lain-lain. Berikan tugas ringan ini sesuai dengan usia si Kecil.

Latih Si Kecil Mengeluarkan Opini dan Membuat Keputusan

Tidak sedikit orang tua yang mengambil keputusan terhadap kebutuhan si Kecil. Jika ingin si Kecil mandiri maka Mam harus mulai meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebagai contoh yaitu biarkan si Kecil memilih mainan, makanan, atau buku sendiri.

Jangan Lupa untuk Memberi Pujian

Hal penting yang tidak boleh Mam abaikan saat mendidik anak menjadi karakter yang mandiri adalah memberikan pujian. Tidak hanya menumbuhkan rasa perhatian pada si Kecil, pujian juga bisa membuat mereka lebih bersemangat untuk melakukan hal lainnya tanpa bantuan Mam.

Itulah berbagai tips mendidik anak agar tumbuh mandiri yang bisa Mam terapkan. Agar si Kecil mampu mengeksplorasi diri dengan baik maka Mam harus selalu menyiapkan makanan bergizi untuk mereka setiap hari. Jangan lupa melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan.

Wyeth Nutrition menghadirkan beberapa produk yang bisa Mam sesuaikan dengan kebutuhan si Kecil. Produk tersebut diantaranya seperti S-26 Procal GOLD, S-26 Promise GOLD, dan S-26 NutriSure GOLD. Informasi yang lebih lengkap bisa Anda lihat di website wyethnutrition.co.id.