5 Alasan Anda Bisa Memilih Kuliah Sambil Kerja

0
156
Kuliah Sambil Kerja
Kuliah Sambil Kerja

Tugas utama seorang mahasiswa adalah kuliah dan lulus tepat waktu dengan nilai yang baik. Namun, banyak mahasiswa yang memilih untuk kuliah sambil kerja tanpa mengabaikan tanggung jawab. Kok bisa, ya? Ternyata ada banyak alasan yang mendasari seseorang untuk memilih kuliah dan bekerja dalam waktu bersamaan.

Buat Anda yang mungkin penasaran dengan keputusan kuliah dan bekerja, sebaiknya simak ulasan singkat tentang alasan menjalani masa kuliah dan bekerja berikut!

1. Menambah penghasilan sampingan

Tidak semua mahasiswa aktif mengikuti kegiatan atau organisasi di kampus. Ada pula sebagian yang dijuluki sebagai mahasiswa kupu-kupu alias fokus pada jadwal masuk dan tugas kuliah saja. Sebagian besar yang lain tidak mengikuti kegiatan atau organisasi karena memilih bekerja. Bisa saja pilihan bekerja diambil untuk menambah uang saku para mahasiswa.

Kuliah Sambil Kerja
Kuliah Sambil Kerja

Mahasiswa yang berasal dari luar kota atau merantau bisa bekerja untuk bertahan hidup saat uang bulanan dari orangtua terbatas. Bekerja bisa membuat Anda memiliki penghasilan sendiri untuk meringankan beban orangtua atau membayar biaya kuliah yang terus meningkat setiap tahun.

2. Bisa memiliki wawasan dan pengalaman baru

Kuliah sambil kerja bisa dilakukan selama Anda pandai mengatur waktu dengan baik. Kalau Anda tergolong orang yang disiplin dan konsisten, kuliah bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan dan pengalaman baru.

Dibandingkan dengan mahasiswa biasa yang hanya fokus kuliah atau materi saja, mahasiswa yang bekerja memiliki praktik langsung di lapangan. Keahlian komunikasi, bergaul, melayani pelanggan, dan lain-lain bisa menjadi nilai tambah softskill Anda.

3. Memiliki jaringan yang luas

Alasan memilih kuliah dan bekerja sekaligus karena ingin memiliki jaringan lebih luas. Jaringan yang luas bisa membantu seorang mahasiswa untuk menentukan karir setelah lulus kuliah nanti. Teman-teman atau relasi yang Anda temukan di tempat bekerja bisa membantu informasi terkait pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah. Meskipun Anda bekerja di bidang yang tidak sesuai jurusan saat ini, bekerja di tengah masa kuliah tetap memberikan manfaat untuk kehidupan.

4. Menunjukkan eksistensi dan pemenuhan gaya hidup

Kuliah merupakan langkah untuk mendapatkan masa depan yang baik. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang masih menerapkan patokan ijazah untuk mengisi posisi penting tertentu. Anda tetap bisa mendapatkan gelar sarjana meskipun Anda memilih untuk bekerja sampingan.

Alasan kuliah dan bekerja bisa menjadi salah satu eksistensi mahasiswa masa kini. Bekerja bisa menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Bekerja bisa menghasilkan uang dari keringat sendiri untuk pemenuhan gaya hidup Milenial modern.

5. Menjadi pribadi yang lebih baik

Mahasiswa yang memilih kuliah dan bekerja beranggapan bahwa tanggung jawab yang besar menuntut mereka untuk lebih mandiri. Mereka fokus pada hal-hal yang positif bukan sekadar nongkrong atau main-main saja. Bekerja akan membuat mereka lebih konsisten, disiplin waktu, manajemen yang bagus, dan lain-lain.

Beberapa rangkuman mengenai alasan seseorang memilih untuk kuliah sambil kerja bisa menjadi pertimbangan Anda. Anda bisa mengikuti jejak orang-orang sukses yang memanfaatkan waktu luang dikala kegiatan perkuliahan yang padat. Pilih kampus yang menerapkan jadwal yang lebih fleksibel dengan kegiatan harian Anda.

Wujudkan impian Anda untuk kuliah dan bekerja secara bersamaan tanpa mengabaikan tanggung jawab masing-masing di IDS Digital College. Anda bisa memilih program kuliah yang sesuai dengan passion sekarang juga. Jangan lupa untuk memilih jurusan yang menawarkan peluang karir cerah di era digitalisasi, ya!