Ini Dia Cara Menggendong Bayi Yang Benar Dan Juga Aman

0
667
Cara Menggendong Bayi
Cara Menggendong Bayi

Memiliki bayi terutama bagi orang tua baru tentunya merupakan hal yang sangat menggembirakan, setiap kali anda melihatnya tentu rasanya ingin sekali menggendongnya. Namun seperti orang tua baru pada umumnya, mereka masih ragu atau malahan takut untuk menggendong bayi baru lahir karena takut terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada bayinya. Padahal menggendong bayi mempunyai banyak sekali manfaatnya, seperti mempererat ikatan orang tua dengan bayi, dapat menenangkan bayi, menstimulasi sistem keseimbangan, dapat mengatur detak jantung bayi dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Dengan melihat manfaat tersebut, tentu sebagai orang tua anda harus bisa menggendongnya demi kebaikan si kecil. Jika anda masih takut dan ragu saat menggendong bayi, berikut kami akan memberikan tips cara menggendong bayi dengan posisi yang benar dan juga aman.

  • Menimang

Menimang merupakan salah satu cara yang sering dilakukan para orang tua untuk     menggendong bayinya. Cara menimang bayi yang benar adalah ambil bayi yang sedang berbaring secara perlahan kemudian letakkan salah satu tangan anda di bawah leher dan kepalanya serta tangan yang satunya lagi pada bokongnya. Dan ayunkan bayi secara perlahan hingga ia merasa nyaman.

  • Mengendong dengan posisi tengkurap

Jika bayi anda rewel, cara satu ini merupakan yang paling tepat dilakukan agar tangisannya dapat berhenti. Untuk menggendong bayi dengan posisi tengkurap adalah posisi bayi harus tengkurap dan letakkan bagian kepala dan lehernya pada salah satu lengan dalam dan ujung telapak tangan menopang tubuh bayi. Namun pastikan juga agar wajah bayi tidak tertutup tangan anda. Untuk tangan yang satunya lagi, anda bisa menggunakannya untuk menepuk-nepuk perlahan tubuh bayi.

  • Mengendong untuk menyusui

Jika anda ingin menyusui sang bayi, anda bisa meletakkan leher dan kepala bayi pada tangan anda kemudian letakkan pada lengan dalam anda. Agar tidak mudah pegal saat menyusui bayi, anda juga bisa menggunakan bantal untuk menyangganya. Kemudian tangan yang satunya lagi menahan bagian bokong bayi.

  • Menggendong dengan posisi memeluk

Lakukan cara menggendong yang satu ini setelah bayi selesai menyusui. Untuk menggendong dengan posisi ini, angkat kepala dan leher bayi menggunakan salah satu tangan anda sedangkan tangan lainnya memegang bokong bayi untuk menyangganya. Posisikan tubuh bayi vertikal sejajar dengan tubuh anda, namun pastikan hidung bayi tidak tertutup.

Itulah beberapa cara menggendong bayi yang benar dan juga aman sehingga anda tidak perlu lagi takut saat ingin menggendongnya. Pertama kali mencobanya mungkin akan sedikit canggung, namun lama-kelamaan anda akan mulai terbiasa. Semoga bermanfaat!