Cara Memilih Tempat Duduk Yang Nyaman di Kereta Api

0
667
Beli tiket kereta api
Beli tiket kereta api

Weekend merupakan saat yang tepat untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman. Bagi anda yang berlibur ke tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal anda, anda hanya memerlukan persiapan yang sedikit di bandingkan dengan berlibur ke luar daerah. Kita perlu mempersiapkan berbagai keperluan untuk berlibur, salah satunya beli tiket kereta api, jika anda ingin menggunakan kereta api. Naik kereta api memang sangat nyaman dan aman dipakai untuk berlibur. Kita tidak akan merasakan dampak macet atau yang lainnya.

Banyak cara untuk beli tiket kereta api, bisa dengan cara online, bisa juga datang langsung ke stasiun. Kereta api juga dibagi menjadi beberapa kelas yang tentunya ongkosnya berbeda-beda. Yang paling murah adalah kereta api kelas ekonomi. Fasilitas yang disediakan tentunya berbeda dengan kereta api kelas bisnis dan ekspres. Untuk itu kita harus pintar-pintar memilih tempat duduk agar merasa nyaman selama perjalanan. Berikut beberapa tips memilih tempat duduk yang nyaman di kelas ekonomi diantaranya:

Pertama kita jangan memilih gerbong nomor satu apalagi dekat dengan ruang lokomotif. Karena akan terasa bising yang berasal dari mesin di esel, sehingga anda akan terjaga dan gelisah sepanjang perjalanan. Begitu juga jika anda memilih gerbong yang dekat dengan kereta makan atau restorasi, anda akan terganggu oleh suara bising dari genset pembangkit listrik. Tentu ini akan sangat mengganggu perjalanan anda.

Kedua jangan pilih kursi di gerbong paling akhir, karena tidak semua stasiun memiliki apron yang panjang. Hal ini akan membuat anda kesulita ketuka akan turun dari kereta api. Karena jarak antara tanah dan kereta api lumayan tinggi. Hal ini jelas sangat berbahaya bagi keselamatan anda sendiri.  Selain itu kita juga jangan memilih kursi paling akhir. Karena pada posisi ini kita akan mendapatkan getaran yang tinggi saat kereta melaju. Pilihlah kursi yang berada di tengah-tengah gerbong agar frekuensi getarannya tidak terlalu tinggi, sehingga tubuh anda tidak akan mendapatkan guncangan yang nantinya akan mengakibatkan pegal-pegal dan sebagainya.

Ketiga jangan pilih kursi yang jumlahnya tiga dan berhadapan. Ini tentunya akan kurang nyaman apalagi jika anda berhadap-hadapan dengan orang lain. Pilihlah kursi yang berkonfigurasi dua kursi. Selain lebih nyaman, kita juga lebih leluasa duduk di kereta. Kita tidak akan berbadu lutut dengan penumpang yang lain. Hal ini sering terjadi di kereta kelas ekonomi. Jika tidak ingin terjadi demikian, makan pilihlah kursi yang tidak berhadapan.

Selanjutnya perhatikan juga fasilitas yang disediakan di dalam gerbong. Jika kelas bisnis tentu fasilitasnya akan lebih mewah, diantaranya ada AC, kapasitas kursi yang lebih lapang karena posisi kursi semua menghadap ke depan, tegak lurus kursi dapat diatur sehingga kita dapat lebih nyaman selama perjalanan, disediakan selimut dan bantal secara cuma-Cuma, juga di fasilitasi dengan tv LED sehingga anda tidak merasa bosan di perjalanan.

Berbeda dengan kelas ekonomi, kapasitas yang disediakan tentu tidak semewah kereta kelas bisnis. Maka harga tiket kelas ekonomi lebih murah di bandingkan dengan kelas bisnis dan eksekutif. Biasanya kita di fasilitasi dengan AC rumah, setiap kereta berkapasitas seratus kursi penumpang sehingga akan terasa penuh. Posisi kursi juga ada dua berhadap-hadapan, tegak lurus kursi tidak bisa diatur. Jika ingin bantal dan selimut anda harus menyewanya, dan lain sebagainya. Kenyamanan saat melakukan perjalanan dengan kereta api bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan tentunya juga harus sesuai dengan kantong anda.