8 Kriteria Jewellery Store yang Kredibel dan Terpercaya

0
321
jewellery store

Perhiasan berlian merupakan barang mewah yang harganya cenderung tinggi. Alasannya karena berlian terbentuk selama miliaran tahun. Proses pembuatan berlian hingga bisa menjadi perhiasan pun terbilang rumit. Agar tidak tertipu barang palsu, Anda wajib memilih jewellery store atau toko berlian yang terpercaya. Berikut ini kriteria sebuah toko dikatakan kredibel dan terpercaya:

Profesional

Profesionalitas merupakan kriteria toko berlian pertama yang harus Anda perhitungkan. Jika sebuah toko bekerja secara profesional, maka toko tersebut termasuk toko yang kredibel. Anda bisa melihat bahwa toko profesional memiliki jaringan yang luas. Terkadang toko juga menjadi bagian dari perusahaan retail ternama.

Sudah Berdiri Lama

Perhiasan berlian bukan barang yang murah. Jadi tidak mudah untuk memasarkan produknya. Toko yang berhasil berdiri lama merupakan toko yang dipercaya oleh pelanggan. Artinya pelayanan maupun produk yang ditawarkan memuaskan. Akan lebih baik jika Anda membeli perhiasan berlian di toko yang sudah berdiri lama. 

Memahami Berlian Secara Detail

Kriteria jewellery store atau toko berlian terbaik selanjutnya adalah memahami berlian secara detail. Perlu Anda ketahui bahwa berlian memiliki spesifikasi yang unik. Spesifikasi inilah yang menentukan kualitas dan harga dari perhiasan yang Anda beli. 

Tidak semua pembeli paham mengenai spesifikasi berlian. Oleh sebab itu, toko berlian harus memahaminya. Jadi bisa memberikan informasi secara detail pada pelanggan sehingga membantu menentukan keputusan dengan tepat.

Memiliki Patokan Harga yang Jelas

Perhiasan mewah seperti berlian tidak bisa dijual secara asal-asalan. Biasanya, toko yang kredibel akan mengikuti standar internasional yang dikenal dengan Rapaport Diamond. Ada faktor 4C yang dipakai untuk menentukan harga perhiasan yaitu carat, color, cut, dan clarity. Dengan patokan harga yang jelas, Anda bisa mendapatkan perhiasan sesuai kualitasnya.

Gerai Tersebar di Banyak Daerah

Saat ini banyak jewellery store yang menawarkan produknya secara online di marketplace. Anda biasanya bisa melakukan pembelian langsung di official store. Meskipun menjual produk secara online, namun pastikan gerainya tersebar di banyak daerah. Jadi Anda memiliki pilihan datang langsung ke gerainya. 

Customer Service yang Responsif

Perhiasan berlian merupakan barang yang mahal. Sebelum membelinya, Anda perlu melakukan riset mendalam untuk mendapatkan perhiasan terbaik. Salah satunya dengan menghubungi customer service terlebih dahulu. Pastikan customer service-nya responsif untuk mendapatkan informasi detail berlian yang Anda inginkan. Jadi Anda tidak akan merasa sia-sia ketika sampai di gerainya. 

Memiliki Kebijakan yang Customer Friendly

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mencari toko berlian adalah memperhatikan kebijakan yang diterapkan. Pastikan kebijakannya customer friendly atau ramah pada pelanggan. Jadi Anda tidak akan merasa dirugikan. Terutama kebijakan pengembalian barang. Usahakan Anda mencari toko yang memberikan garansi pengembalian barang jika terjadi masalah.

Memberikan Sertifikat Resmi

Kriteria toko berlian terbaik yang terakhir yaitu memberikan sertifikat resmi. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa perhiasan berlian yang Anda beli asli dan berkualitas. Lembaga sertifikasi paling populer adalah GIA (Gemological Institute of America)

Selain itu, ada beberapa sertifikasi terpercaya lain seperti SNI, IGI, AGS, EGL, dan lain-lain. Jangan lupa cek keaslian sertifikat dengan memasukkan kode verifikasi di sertifikat ke situs website resmi lembaga. 

Itulah 8 kriteria jewellery store atau toko berlian yang dapat Anda jadikan pilihan. Rekomendasi toko terbaik yang jelas kualitas dan keasliannya adalah Mondial Jeweler. Kebijakan yang ditawarkan juga sangat ramah untuk pelanggan. Selain itu, koleksi perhiasannya hadir mulai dari harga jutaan. Jadi mudah bagi Anda menyesuaikannya dengan budget. Jika tertarik dengan toko berlian Mondial Jeweler, Anda bisa mengunjungi website atau akun media sosialnya.