Mengenal Kualitas Kalung Berlian Mewah Standar 4C

0
183
kalung berlian mewah

Berlian merupakan sebuah material yang biasa digunakan dalam pembuatan sebuah perhiasan. Salah satu contohnya yaitu biasa digunakan pada kalung berlian mewah. Berlian bisa mengoptimalkan keindahan perhiasan yang Anda gunakan.

Ada banyak sekali ragam pilihan kualitas kalung berlian. Salah satunya seperti berlian berstandar 4C dari GIA. Selain itu juga ada yang melampaui standar 4C tersebut. Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda apa itu 4C dan sejauh mana kualitas 4C dari berlian tersebut.

Mengenal 4C pada Berlian

kalung berlian mewah

4C pada berlian adalah singkatan. Istilah ini sering digunakan untuk menilai kualitas berlian. Bagus atau tidaknya biasanya menggunakan istilah ini. Berikut kepanjangan dibalik istilah 4C yang sering kita dengar pada berlian.

1.  Clarity

ā€˜Cā€™ yang pertama adalah clarity, atau kejernihan. Semakin jernih berlian tersebut, maka semakin bagus dan optimal dalam memantulkan cahaya. Clarity biasanya dilihat dengan menggunakan kaca pembesar, bahkan diproses hingga berkali-kali pembesaran.

Berlian yang punya clarity bagus adalah jenis berlian yang minim cacat. Artinya, tingkat kesempurnaannya harus tinggi.

2.  Cutting

Istilah cutting merujuk pada pada model atau bentuk dari berlian tersebut. Contohnya seperti round cut diamond, yang artinya berlian berbentuk bulat sempurna. Saat ini banyak model cutting berlian yang biasa digunakan pada kalung berlian.

Selain round cut diamond, juga ada beberapa bentuk lainnya, contohnya seperti heart shape, baguette cut diamond, pear shape, dan masih banyak lainnya.

3.  Carat  

Perlu Anda ketahui, karat pada berlian berbeda dengan karat pada emas. Karat pada berlian merujuk pada beranyat. Artinya, istilah karat yaitu untuk menentukan berat berlian.

Adapun 1 karat yaitu setara dengan 0,2 gram. Jadi semakin besar nilai karat berlian, maka akan semakin besar juga bentuk dari berlian tersebut.

4.  Color

Kualitas berlian pada kalung berlian mewah dan juga perhiasan lainnya, juga bisa kita nilai dari warnanya. Warna kuning kusam biasanya merujuk pada tipe berlian yang kualitasnya rendah. Sementara berlian berwarna putih atau bening yang jernih merujuk pada kualitas berlian standar atau tinggi.

Ada juga model fancy diamond yang punya warna-warna unik seperti merah muda, kuning (bukan kuning kusam), dan beberapa warna-warna yang jernih lainnya.

Mengenal Sertifikat 4C GIA dan di Atasnya

Agar tidak bingung, sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama Gemological Institute of America  (GIA) menentukan standar kualitas berlian yang bagus, yang dikenal dengan istilah 4C dari GIA. Berlian yang punya sertifikat standar GIA adalah berlian yang sudah tidak perlu diragukan kualitasnya.

Di sisi lain, ada juga kualitas berlian yang melampaui standar 4C dari GIA, yaitu triple excellent cut yang jauh lebih jernih. Semakin tinggi kualitasnya, tentu saja harganya pun akan semakin mahal karena kelangkaannya.

Mengenal istilah 4C sama pentingnya dengan mengenal istilah VVS1 dan VVS2 pada berlian. Karena dua istilah tersebut akan membantu Anda untuk menentukan sejauh mana kualitas berlian yang Anda pilih.

Rekomendasi Kalung Berlian Berkualitas dari Mondial

Bagi Anda yang ingin memiliki kalung berlian mewah yang berliannya memiliki standar 4C dari GIA dan juga di atasnya, Anda bisa mendapatkannya di Mondial yang merupakan salah satu brand perhiasan ternama yang sudah ada di Indonesia.

Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai macam pilihan perhiasan, salah satunya seperti kalung berlian mewah dengan berlian asli dan juga berkualitas jempolan.