Hal Penting Dalam Merawat Anjing Hamil

0
43
anjing hamil

Anjing adalah hewan yang setia dan bisa menjadi teman yang baik bagi pemiliknya. Sebagai hewan peliharaan setia dan menggemaskan, tentu saja untuk merawat anjing harus sangatlah diperhatikan. Apalagi saat anjing peliharaan anda tengah hamil, sehingga dibutuhkan perawatan ekstra. Oleh karena itu, sebagai pemilik anjing anda perlu memperhatikan cara merawat anjing hamil dengan baik.

Ketika anjing peliharaanmu sedang hamil, anda perlu untuk mencari informasi tentang kehamilan anjing. Mulai dari tanda-tanda kehamilan pada anjing hingga cara merawat anjing yang sedang hamil. Salah satu hal penting perlu diperhatikan saat anjing peliharaanmu sedang hamil adalah makanan yang diberikan tidak boleh sembarangan. Lebih lanjut, simak perawatan yang dibutuhkan oleh anjing saat hamil, meliputi:

anjing hamil
  • Makan dan Nutrisi yang Mencukupi

Anjing hamil membutuhkan makan dan nutrisi yang mencukupi. Makanan anjing formula dewasa dasar saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saat sedang hamil, anjing membutuhkan tambahan makanan serta nutrisi yang cukup. Jadi, anda perlu untuk melakukan beberapa perubahan pola makan yang sehat. Hal ini penting untuk membantu anjing peliharaan anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya dari makanan yang dikonsumsinya.

Gantilah jenis makanan anjing pada formula anak anjing berkualitas tinggi dengan perlahan, dengan menggunakan produk Royal Canin tentunya. Ini dimulai dari sebelum kawin, sampai anjing melahirkan, dan anak-anaknya telah disapih. Makanan yang harus diberikan pada anjing peliharaan Anda yang sedang hamil juga bergantung pada kondisi tubuhnya dan masalah medis yang menyertainya. Anda bisa mendiskusikan terkait makanan yang tepat untuk anjing peliharaan anda yang sedang hamil dengan dokter hewan. Sehingga, nutrisi anjing yang sedang hamil dapat terpenuhi dengan sangat baik.

  • Olahraga

Anjing hamil juga memerlukan kegiatan olahraga. Saat anjing anda sedang hamil, anda bisa mengajaknya untuk jalan-jalan secara teratur. Aktivitas ini akan membantu menjaga kekuatannya, sehingga kondisinya tetap prima dan siap untuk menjalani persalinannya kelak. Sebaiknya anda mengajak anjing peliharaan yang sedang hamil untuk berjalan lebih pendek dengan lebih teratur selama kehamilannya. Karena biasanya anjing yang sedang hamil menjadi sedikit tidak nyaman dan sering merasa lelah.

  • Vaksinasi

Idealnya anjing peliharaan anda perlu memperoleh vaksinasi sebelum kawin. Dengan begitu tingkat antibodinya berada pada tingkat yang sangat baik. Karena  saat induk anjing memberikan susu kepada anak anjingnya, kekebalan dari antibodi tersebut akan tersalur juga kepada anak anjing. Vaksinasi ini juga penting untuk menjaga kehamilan anjing agar tetap sehat.

  • Persiapkan Tempat yang Nyaman untuk Melahirkan

Persiapan terakhir untuk anjing hamil adalah mempersiapkan tempat yang nyaman untuk melahirkan. Biasanya anjing yang hamil akan mencari tempat pribadi untuk bersantai dan tempat melahirkan yang nyaman. Anda bisa mempersiapkan tempat yang membuat anjing anda merasa hangat, nyaman, dan aman untuk melahirkan.