Cara Mengatasi Gatal Alergi dengan Bahan Alami

0
71
cara mengatasi gatal alergi
cara mengatasi gatal alergi

Mungkin Anda pernah menemukan Si Kecil terus menggaruk-garuk bagian tubuhnya. Rasa gatal yang dialami oleh Si Kecil tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah alergi. Reaksi alergi kulit yang paling umum adalah timbulnya rasa gatal sehingga anak selalu menggaruknya. Lama kelamaan rasa gatal tersebut akan mengganggu dan membuat Si Kecil menjadi rewel. Anda harus mencari tahu bagaimana cara mengatasi gatal alergi sehingga mereka bisa cepat sembuh.

Cara yang paling aman diberikan pada anak-anak adalah dengan menggunakan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang diyakini mampu meredakan rasa gatal akibat alergi. Apa saja? Berikut di antaranya:

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal dengan sejuta khasiat. Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga sangat baik untuk kesehatan. Bagian yang diambil untuk mengatasi gatal alergi adalah gel lidah buaya. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang iritasi atau gatal. Lidah buaya baik untuk gatal alergi karena kandungannya mampu melembabkan. Namun lakukan uji reaksi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

cara mengatasi gatal alergi

Kunyit

Bahan alami kedua yang bisa mengatasi gatal alergi adalah kunyit. Berdasarkan penelitian, kunyit bisa meredakan gatal-gatal dalam waktu kurang lebih 4 minggu. Kandungan kurkumin di dalam kunyit adalah kandungan penting yang bersifat bakterisida dan antiinflamasi. Keduanya dikenal sebagai senyawa yang mampu meredakan peradangan dan gatal-gatal. Caranya yaitu dengan mengoleskan kunyit pada kulit yang gatal-gatal. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan krim alami yang mengandung kunyit.

Es Batu

Bahan alami satu ini seperti sudah tidak asing lagi bagi Anda yang mengalami alergi. Es batu sering digunakan untuk mengatasi berbagai jenis alergi, termasuk gatal alergi. Cara mengatasi gatal alergi dengan es batu yaitu memasukkannya ke dalam kantong khusus. Setelah itu, kompres bagian yang gatal pelan-pelan menggunakan es batu. Suhu dingin dari es batu bisa membantu meringankan gejala gatal. Lakukan secara rutin hingga gatal-gatal menghilang.

Air Putih

Ada banyak penyebab gatal-gatal pada seseorang. Selain alergi, gatal juga bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan. Si Kecil yang gatal karena alergi kondisinya akan lebih parah apabila kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda wajib memenuhi kebutuhan cairan Si Kecil untuk meredakan gejala gatal. Perbanyak asupan air putih Si Kecil dibandingkan biasanya.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati gatal-gatal. Berdasarkan penelitian, minyak kelapa mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk gatal alergi. Sifat anti inflamasi yang dimiliki mampu meredakan gejala gatal. Selain itu, minyak kelapa juga mampu meningkatkan antioksidan. Cara menggunakannya yaitu mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang gatal. 

Oatmeal

Oatmeal menjadi menu sarapan sehat yang bisa mengatasi gatal. Makanan ini bersifat humektan yang dapat meningkatkan kelembaban kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan oatmeal berbentuk krim koloid pada air. Selanjutnya air tersebut bisa digunakan untuk mandi. Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimiliki juga bisa meredakan rasa gatal.

Itulah cara mengatasi gatal alergi menggunakan bahan alami yang bisa Anda ikuti. Jika rasa gatal pada Si Kecil tak kunjung reda, Anda harus segera membawa mereka ke dokter. Informasi penting bagi para ahli yang ingin menambah ilmu pengetahuan, Nutricia Professional hadir untuk Anda. Platform profesional tersebut menghubungkan Anda dengan profesional lain. Anda bisa berbagi ilmu maupun informasi terbaru seputar pediatri dan nutrisi anak. Lakukan registrasi agar bisa menjadi member Nutricia Professional di www.nutriciaprofessional.id