Menu Makanan Sehat Untuk Anak Lezat Dan Bergizi Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

0
69
menu makanan sehat untuk anak

Selama masa pertumbuhan, anak memerlukan asupan energi dan gizi yang lebih besar agar mereka bisa tumbuh kembang secara optimal. Itu sebabnya, sebelum menyiapkan makanan untuk Si Kecil, Bunda perlu memperhatikan asupan nutrisinya.  Berikut ini beberapa rekomendasi  menu makanan sehat untuk anak yang baik untuk tumbuh kembangnya:

  1. Ikan

Ikan adalah salah satu sumber protein yang dapat membantu membangun otot dan tulang yang sehat bagi si Kecil. Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden juga mengandung asam lemak omega-3 tinggi  yang mampu mendukung perkembangan mata, otak, dan saraf. Agar Si Kecil lahap mengkonsumsi ikan serta menjadikan kegiatan makannya menjadi lebih menyenangkan, Bunda bisa memodifikasi menu lauk pauknya. Campur ikan dengan nasi, tahu, ataupun kentang untuk membuat sushi, bola ikan, maupun kue ikan

  1. Ayam

Ayam memiliki kandungan protein hewani yang tidak hanya menutrisi secara umum, namun juga mendukung pertumbuhan tinggi badan anak. Bunda dapat menyajikannya dalam berbagai olahan lauk seperti sup ayam, ayam goreng, ayam bakar dan bisa juga dipadukan dengan telur.

  1. Telur

Protein tinggi yang terkandung pada telur adalah nutrisi yang dibutuhkan anak untuk mendukung masa pertumbuhan tinggi badan yang cepat sekaligus memberikan asupan nutrisi tubuh pada umumnya. Bunda dapat menyajikannya dalam beragam olahan, digoreng, direbus atau dijadikan campuran sup dan camilan.

  1. Kedelai

Kedelai adalah sumber protein nabati yang sehat dan mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi kedelai dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang, terutama tinggi badan. Bunda dapat mengkreasikan makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan tempe menjadi berbagai aneka olahan untuk menu makan si Kecil.

  1. Sayuran

Tingginya kandungan serat dalam sayuran dapat menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, sayuran juga mengandung zat besi, magnesium, vitamin K, vitamin B, vitamin A dan beberapa mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badan anak. Sayuran seperti brokoli, bayam, kembang kol, kangkung, wortel hingga bit dapat asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan tubuhnya. Vitamin A juga sangat penting untuk sintesis protein sedangkan vitamin K dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Agar si kecil tidak merasa bosan, kombinasikan sayuran dengan berbagai jenis makanan lain.

  1. Buah Buahan

buah-buahan memiliki vitamin dan antioksidan yang tinggi. Buah-buahan seperti jeruk, semangka, jambu biji serta buah naga kaya akan vitamin C, antioksidan dan phytochemical yang berfungsi melindungi sel-sel sehat dari kerusakan dapat membantu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Nah bunda, itulah beberapa menu makanan sehat untuk anak yang bisa bunda sajikan di rumah. Selain itu, berikan juga ia Dancow Gum untuk mendukung si Kecil mendapatkan tumbuh kembang yang lebih optimal.