2 Aspek Penting Sebelum Membeli Liontin Berlian

0
20
liontin berlian

Berencana untuk membeli liontin berlian? Setidaknya anda harus memastikan kedua hal berikut ini agar tidak menyesal.  

  1. Pastikan dulu liontin berlian yang mau anda beli adalah benar-benar asli

Untuk memastikan liontin berlian asli, memang sejatinya tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Setidaknya memerlukan keahlian khusus dalam bidang berlian, atau setidaknya memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam membeli sebuah liontin berlian sebelumnya. Namun perlu anda ketahui, setidaknya ada beberapa poin yang bisa anda lakukan untuk mengetes keaslian dari sebuah berlian, dan berikut diantaranya: 

liontin berlian
liontin berlian
  • Berlian asli tidak mudah retak ataupun pecah.

Batu berlian merupakan salah satu jenis batu terkuat yang ada dimuka bumi ini. Itu sebabnya berlian yang asli ini, memiliki tekstur yang sangat keras, kuat dan juga kokoh. Itu sebabnya, berlian yang memang benar-benar asli tidak akan mudah retak ataupun pecah saat terkena benturan atau tidak sengaja jatuh. 

  • Berlian yang asli tidak gampang tergores

Menyambung dari poin atas, karena mengingat tekstur yang dimiliki oleh berlian ini sangatlah kuat, maka tentunya berlian yang benar-benar asli juga tidak akan mudah untuk tergores. Bila tidak percaya, anda bisa coba untuk gosok permukaan berlian dengan menggunakan amplas kasar. Bila menimbulkan goresan pada permukaan berliannya, maka berlian tersebut adalah jenis berlian palsu. 

  • Berlian asli tidak mudah meleleh

Cara mengenali dari keaslian berlian selanjutnya juga bisa dilakukan dengan cara membakar dengan menggunakan korek. Cara ini memang terbilang lebih ekstrim dari cara-cara sebelumnya yang sudah dipaparkan diatas. Namun nyatanya jika didapati berlian yang meleleh karena sentuhan korek api, maka berlian tersebut bisa dipastikan adalah berlian KW. Karena sejatinya, sifat dari berlian yang asli ini adalah tahan akan suhu panas.

  • Berlian asli tidak mudah berembun

Sifat dari berlian yang asli selanjutnya adalah berlian tidak mudah berembun, atau menyisakan bekas embun ketika anda menghembuskan nafas ke arah permukaan berlian. Seperti halnya ketika anda berkaca didepan sebuah cermin, dan sambil menghembuskan nafas tentunya akan meninggalkan bekas embun. Nah jika didapati berlian yang menyisakan embun saat anda mencoba untuk menghembuskan nafas, maka untuk keaslian berlian menjadi patut untuk dipertanyakan.  

  • Berlian asli tidak mudah untuk mengambang diatas permukaan air

Coba ambil sebuah wadah yang berisikan air didalamnya. Untuk mendapati berlian yang asli, maka ketika berlian dimasukan kedalam sebuah wadah, sejatinya ia akan mudah tenggelam mengingat kepadatan dari berlian yang begitu rapat. Lain halnya dengan berlian KW, yang ketika anda masukan kedalam sebuah wadah, berlian tersebut akan mudah mengambang ke permukaan air. 

  1. Memahami 4C dalam liontin berlian

Mahalnya sebuah liontin berlian asli yang bisa dibeli di Mondial Jeweler, setidaknya bisa diukur dengan istilah 4C dalam berlian, dan 4C tersebut adalah sebagai berikut :

  • Cut

Cut atau potongan dari berlian sangat berpengaruh terhadap pantulan cahaya yang dihasilkan dari sebuah berlian itu sendiri. Yang mana Semakin bagus cut dalam berlian, maka akan semakin bagus pantulan cahaya nya, dan tentunya akan semakin mahal dari nilai jual berlian tersebut.

  • Colour

Colour atau warna yang ditampilkan dalam sebuah berlian, juga bisa menentukan harga jual dari sebuah berlian. Semakin bagus warna nya makan akan semakin mahal juga nilai jualnya.

  • Clarity

Clarity atau kejernihan dalam berlian juga bisa mempengaruhi nilai jual dari suatu berlian. Semakin jernih berlian dan tidak ada cacat dalam berlian, maka akan semakin mahal harganya.

  • Carat

Carat atau satuan berat dari berlian ini sangat berpengaruh juga terhadap nilai jual suatu berlian. Semakin besar ukuran berlian, maka akan semakin tinggi nilai jualnya.