Yuk Cek Tips Mengatur Desain Ruang Makan Serbaguna

0
38
Desain ruang makan serbaguna
Desain ruang makan serbaguna

Untuk rumah minimalis dengan luas area yang terbatas, memiliki desain ruangan yang efektif sangat penting. Meski demikian, hal ini ternyata terasa jauh lebih susah saat Anda mencoba menata ruang makan. Dengan perabotan yang cukup banyak dan barang-barang yang digunakan di sana tentu membuat semua pemilik rumah kerepotan. Nah, kali ini Kami akan membahas sedikit tentang tips bagaimana desain ruang makan serbaguna

Tips Membuat Desain Ruang Makan Serbaguna 

Hal yang paling mudah adalah dengan menggabungkan dapur dan ruang makan. Cara ini bisa dilakukan kalau memahami konsep dasar penataannya. 

Buatlah Lokasi Dapur Dan Ruang Tamu Terpisah

Cara paling mudah dan murah adalah membuat bagian terpisah antara ruang makan dan ruang tamu. Hal ini memang terkesan sepele, tapi menentukan spot khusus untuk ruang makan dan ruang tamu sangat penting karena dalam hal ini Anda tidak memberikan sekat pembatas ruangan. Misal Anda mendekatkan furniture ruang tamu di area bagian depan dekat pintu dan jendela, sementara area ruang makan berada di pojok lebih kebelakang dekat dengan kompor dsb.

Selain itu, tandai juga dengan aksesoris penting yang bisa memberikan perbedaan khusus pada dua area ini. Misalnya area ruang tamu diberikan karpet dan ornamen-ornamen khas ruang tamu, sementara area ruang makan tidak tapi Anda memisahkannya dengan tanaman atau pembatas transparan. 

Desain ruang makan serbaguna

Coba Manfaatkan Furniture Anda 

Kalau Anda punya furniture berukuran besar, kenapa tidak dijadikan pembatas yang efektif saja? Misalnya Anda punya bupet perkakas untuk menyimpan barang-barang keramik. Hal ini bisa dijadikan pembatas yang paling efektif. Hal lain yang bisa Anda lakukan yatu dengan meletakkan sofa yang membuat dapur dan ruang tamu terlihat terpisah. 

Coba Pakai Karpet 

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, memasang ornamen yang membedakan ruangan sangat penting. Misalnya karpet! Karpet ini memberikan perbedaan yang mencolok pada keseluruhan tampilan ruangan Anda. Anda bisa meletakkan karpet dengan motif berbeda untuk membedakan ruang makan dan ruang tamu dengan cara yang elegan. 

Buatlah Gang Untuk Dua Area Berbeda

Mungkin cara ini terdengar lebih sulit. Anda tinggal atur sedemikian rupa agar antara dua area ini ada sedikit area untuk lalu-lalang. Cara ini meskipun sulit, tapi lebih efektif dalam hal penggabungan ruang makan dan tamu. 

Pentingnya Pencahayaan 

Hal lain yang wajib Anda perhatikan yaitu dengan memperhatikan pencahayaan. Buatlah layout sedemikian rupa supaya kedua area ini memiliki perbedaan yang mencolok dan pencahayaan jatuhnya akan berbeda. Misalnya Anda bisa membuat ruang tamu mendapatkan cahaya alami lebih banyak ketimbang ruang makan. Sementara di ruang makan, Anda menggunakan cahaya lampu saja.

Gunakan Lukisan Atau Photograph Ukuran Besar

Cara terakhir untuk memaksimalkan desain ruangan Anda yaitu dengan menggunakan lukisan atau photograph berukuran besar. Tujuannya adalah untuk memalingkan fokus pandangan pada wall art ini sehingga mata akan terkecoh kalau ruangan ini punya dua fungsi. Penggunaan kerajinan ini dimaksudkan untuk mengalihkan pandangan mata dan pastikan untuk tidak membuat dua area terlihat dominan. Cukup fokuskan pada salah satu area saja. Dan pilihan yang paling tepat adalah di area ruang tamu karena area ini kerap dianggap sebagai area yang paling penting dalam sebuah rumah. 

Akan tetapi bukan berarti Anda melupakan area ruang makan. Anda juga bisa meletakkan ornamen yang cantik tanpa membuatnya terlihat lebih mendominasi. 

Nah, itulah tips desain ruang makan serbaguna. Jangan lupa simak terus tips-tips terbaru mengenai tata letak ruangan di situs Kami.