Cara Bayar Tagihan BPJS dengan Channel Bank Sinarmas

0
94
bayar tagihan BPJS
bayar tagihan BPJS

BPJS Kesehatan telah menjadi fasilitas wajib yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia guna menunjang kemudahan mendapat perlindungan kesehatan. Pembayaran tagihan BPJS sendiri umumnya bisa dilakukan melalui kantor pos ataupun datang langsung ke kantornya. Namun, tahukah Anda bahwa bayar tagihan BPJS juga bisa dilakukan melalui channel Bank Sinarmas? Nah, bagi nasabah yang masih bingung, yuk ikuti caranya berikut ini. 

Ketentuan Pembayaran BPJS Melalui Channel Bank Sinarmas

bayar tagihan BPJS
bayar tagihan BPJS

Saat ini, pihak Bank Sinarmas telah menyediakan fitur pembayaran tagihan BPJS Kesehatan sehingga memudahkan para nasabahnya. Fasilitas ini bisa dinikmati melalui semua channel Sinarmas, mulai dari ATM, Teller, Internet Banking, Mobile Banking hingga aplikasi SimobiPlus.

Pembayaran tagihan BPJS melalui channel ini tidak membutuhkan persyaratan khusus. Anda hanya perlu menjadi nasabah bank dan menyiapkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan yang tercantum pada kartu. Selain itu, pengguna fitur ini juga perlu menyiapkan sejumlah uang lebih untuk biaya administrasi. Biaya tersebut memiliki besaran yang sama dengan metode pembayaran BPJS lainnya yaitu sebesar Rp 2.500,- untuk satu kali transaksi.

Cara Membayar Tagihan BPJS

Secara garis besar, pembayaran tagihan BPJS nasabah Bank Sinarmas bisa dilakukan melalui 4 cara yaitu:

  • Melalui Teller

Pembayaran melalui teller bisa dilakukan oleh semua nasabah Bank Sinarmas dengan berkunjung ke kantor cabang terdekat. Pembayaran BPJS dengan cara ini sangatlah mudah karena Anda tidak perlu menghafalkan atau mencatat nomor tujuan transfer. Nantinya, nasabah hanya perlu menuju teller dan menunjukkan kartu BPJS atau nomor kepesertaannya saja. Selain itu, Anda juga perlu menginformasikan jumlah bulan yang ingin dibayarkan.

  • Melalui ATM

Cara membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM bisa dilakukan dengan mengakses menu Pembayaran/Pembelian. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih kategori Layanan Umum dan memasukkan jumlah bulan, kode pembayaran (8888) dan nomor kepesertaan (11 digit terakhir). Salah satu contoh format untuk pembayaran selama satu bulan dengan nomor kepesertaan 02045449203 yaitu 01888802045449203.

  • Melalui Internet Banking

Cara membayar tagihan BPJS melalui internet banking Bank Sinarmas juga dilakukan melalui menu Pembayaran/Pembelian dengan kategori yang sama. Setelah masuk ke menu tersebut, Anda akan diminta memasukkan jumlah bulan dan IDPEL di masing-masing kolom yang tersedia.

Jumlah bulan bisa diisikan jumlah bulan yang ingin dibayarkan. Jika tidak ada tunggakan, maka bisa membayar satu bulan saja. Sedangkan kolom IDPEL bisa diisi dengan kode pembayaran BPJS dan nomor kepesertaan. Untuk nomor kepesertaan yang digunakan hanya 11 digit terakhir. Salah satu contoh IDPEL yaitu  888802045449203.

  • Melalui SimobiPlus

Pembayaran tagihan BPJS melalui aplikasi SImobiPlus sama persis dengan membayar melalui internet banking, mulai dari menu, kategori serta cara pengisiannya. Hanya saja, pengguna harus mengunduh, memasang dan mengaktifkan SimobiPlus terlebih dahulu di perangkat mobil seperti Android ataupun iOS. Pendaftaran aplikasi ini membutuhkan nomor MDN yang masih aktif.

Sebenarnya, pembayaran BPJS Kesehatan melalui Bank Sinarmas memiliki syarat dan ketentuan seperti yang diterapkan oleh merchant lainnya. Hanya saja jika beruntung Anda bisa mendapatkan promo dengan besaran yang berbeda-beda. Promo ini bisa berupa cashback hingga potongan pembayaran. Informasi promo ini bisa didapatkan melalui website resmi Bank Sinarmas.

Nah, demikian tadi informasi lengkap terkait ketentuan dan cara bayar tagihan BPJS melalui berbagai channel Bank Sinarmas. Jika membayar melalui ATM, internet banking ataupun SimobiPlus, pastikan saldo Anda mencukupi.