Tips Saat Mencetak Buku Yasin

0
118
buku yasin
buku yasin

Kebudayaan di Indonesia setelah seseorang wafat, terutama umat muslim, tidak terlepas dengan tradisi tahlilan yang diadakan dalam kurun waktu tertentu. Tradisi ini biasanya juga mengumpulkan banyak keluarga dan tetangga untuk membaca tahlil. Biasanya keluarga yang ditinggal akan menyediakan buku yasin sebagai pegangan bagi orang-orang yang datang, agar dapat mengikuti bacaan dalam tradisi ini. Terutama bagi mereka yang tidak hafal dengan bacaannya.

Buku yasin yang dibagikan pada saat acara tahlilan, tidak jarang memuat foto seseorang yang sudah wafat dengan nama yang tertera. Serta kesediaan undangan yang hadir untuk mendoakannya. Keselamatan dan kelapangan dalam kubur. Tidak jarang buku tersebut dibagikan untuk diberikan untuk dibawa pulang.

Mencetak buku yasin dengan cover yang tidak biasa–disesuaikan dengan tahlilan untuk yang wafat–tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan pencetakannya. Terlebih untuk isi bacaan yang ada di dalamnya. Memberikan pekerjaan pada ahlinya sangatlah penting. Karena ayat-ayat di dalamnya haruslah tertulis dengan baik tanpa ada kesalahan. Serta susunan ayat-ayat yang terkandung dalam buku yasin pun harus memenuhi kebutuhan untuk tradisi tahlilan dan beberapa surah Alquran yang menunjangnya.

buku yasin
buku yasin

source: https://www.snapy.id/images/product/BUKU_YASIN25.jpg

Hal yang perlu diperhatikan saat mencetak buku yasin

Karena buku yasin untuk tahlil ini harus dikerjakan khusus. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih percetakan untuk memproduksinya.

Perhatikan kualitas cetaknya

Pastikan buku yasin untuk tahlilan harus memiliki kualitas yang baik dari segi kertas dan pengerjaannya. Tulisan di dalamnya harus jelas dan sesuai setiap hurufnya dengan ayat yang terdapat di Alquran. Serta ketetapan yang sudah disahkan oleh MUI. Anda bisa menggunakan hard cover agar buku tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Mungkin harganya menjadi lebih mahal, namun akan mampu bertahan lebih lama.

Percayakan pada percetakan terbaik

Karena isi yang ada di dalam buku yasin harus memiliki tulisan yang tepat, maka jangan sembarangan menyerahkan pekerjaan ini pada yang bukan ahlinya. Pastikan Anda memilih percetakan yang tepat dan sudah biasa melakukan pekerjaan ini.

Selain itu, percetakan yang biasa menangani pencetakan buku ini, sangat paham bahwa buku ini bukan sekedar pencetakan biasa. Tapi juga sebagai buah tangan yang diberikan kepada undangan yang datang ke acara tahlilan. Maka, tampilan cetak juga tidak kalah penting agar di-design dengan lebih menarik

Percayakan pencetakan buku yasin pada Snapy

Snapy merupakan sebuah perusahaan digital printing yang sudah berpengalaman di bidangnya. Konsumennya memberikan kepercayaan tinggi pada perusahaan ini. Terbukti dengan semakin berkembangnya perusahaan ini, di tengah perusahaan percetakan yang menjamur di Indonesia. Terhitung, ada 70 cabang dimiliki oleh snapy.