Tips Membiasakan Anak Berpakaian Muslim

0
786
fashion

Salah satub kewajiban dari umat muslim ialah menggunakan pakaian tertutup, atau pakaian muslim. Artinya, pakaian tersebut haruslah panjang, longgar, dan menutup aurat. Bagi anak – anak, khususnya anak perempuan, memberikan pakaian muslim tentu harus bersabar karena anak – anak umumnya memang senang untuk bergerak dan biasanya tidak betahan dengan pakaian panjang karena merasa kegerahan. Oleh karena itu, kita harus lebih bersabar dalam memakaikan pakaian muslim bagi anak dan cobalah untuk ikuti tips berpakaian untuk anak – anak muslim berikut ini.

Yang paling utama saat kita ingin membekan pakaian muslim untuk anak ialah dengan menjelaskan secara sederhana tentang kenapa muslimah harus memakai pakaian muslim. Anda bisa menjelaskan hal ini pada anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi. Kemudian, tetaplah bersabar dan jangan memarahi anak saat tiba – tiba ia ingin membuka kerudung misalnya.

Berikut ini adalah tips berpakaian muslim untuk anak.

  1. Bahan. Bahan pakaian selalu menjadi prioritas utama saat ingin memilihkan pakaian muslim untuk anak perempuan. Mengapa bahan penting? Karena bahan bisa memperngaruhi tingkat kenyamanan anak dalam melakukan aktifitasnya. Pilihlah bahan pakaian yang lembut, adem, menyerap keringat, dan tidak terlalu berat.
  2. Warna. Ini juga jadi satu hal yang penting untuk kenyamanan anak berpakaian muslim. Warna gelap seperti hitam akan sangat mudah sekali menyerap panas matahari. Dengan demikian, sebaiknya tidak memilih pakaian dengan warna hitam agar anak tidak mudah kepanasan.
  3. Desain sederhana. Untuk anak – anak, khususnya yang baru mulai belajar untuk memakai pakaian muslim, maka kita harus memilih desain pakaian yang sederhana saja, tidak terlalu banyak detail yang akan membuat anak terasa berat dan tidak nyaman. meskipun sederhana, kita juga dapat memilih model yang pas untuk anak – anak.
  4. Kerudung yang praktis untuk dikenakan juga penting. Tidak perlu memakaikan pashmina yang di lilit sana sini karena anak pasti akan merasa kurang nyaman. berikan saja kerudung instan yang langsung bisa masuk kepala tanpa harus lilit sana sini atau pakai pentul dan peniti.

Itulah beberapa tips berpakaian untuk anak – anak  muslimah yang bisa anda coba untuk membiasakan anak berpakaian muslim.