Fashion Pakaian Berbahan Brokat

0
780
Fashion Pakaian Berbahan Brokat

Salah satu jenis kain yang kembali menjadi trend fashion saat ini adalah kain brokat. Jenis kain ini banyak dijadikan sebagai baju pesta, pernikahan, bahkan sudah bisa digunakan untuk jenis pakaian harian. Tekstur kain brokat memang berbeda dengan jenis kainnya. Kain ini dibuat dengan teknik tenun yang sangat detail dan jika mengait pada sebuah benda seperti paku misalnya, maka kain ini bisa mudah sekali rusak atau sobek. Untuk itulah, butuh teknik tertentu jika ingin mencuci kain jenis brokat ini.

Agar pakaian berbahan brokat kesayangan anda tetap bagus dan tidak cepat rusak, maka anda harus memperhatikan langkah pencucian kain brokat dibawah ini!

Pertama, jika pakaian brokat anda terkena noda, cobalah untuk membersihkannya dengan air dengan sedikit menguceknya. Jika noda hilang, maka anda bisa beralih ke teknik pencucian berikutnya. Namun, jika noda sulit dibersihkan, anda bisa menggunakan air jeruk nipis kemudian kucek dengan lembut.

Kedua, pilihlah deterjen yang lembut dan hindari pencucian pakaian berbahan brokat dengan mesin cuci. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga struktur kain brokat itu sendiri. Sebaiknya gunakan tangan untuk mencuci kain brokat dan jangan disikat agar kain tidak rusak dan kuceklah kain dengan lembut.

Ketiga, Setelah selesain mencuci, langsung gantung pakaian berbahan brokat untuk dijemur dan tidak perlu menggunakan mesin pengering atau memeras pakaian agar teksturnya tetap terjaga. Kemudian, hindari sinar panas matahari secara langsung. Jangan khawatir kain tidak kering, karena jenis kain brokat yang tipis bisa membuatnya cepat kering meski tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Terakhir, setelah kering, anda tidak perlu menyetrika kain berbahan brokat apalagi jika suhunya sangat panas karena kain bisa jadi rusak. Untuk penyimpanannya, anda bisa menggantung pakaian berbahan brokat di lemari.

Sebagai bahan kain yang sedang menjadi salah satu trend fashion saat ini, brokat memiliki pola – pola desain yang beragam dan cantik. Untuk itu, jagalah kecantikan pakaian atau kain berbahan brokat dengan teknik pencucian dan penyimpanan yang benar.