Cara Mencegah Timbulnya Komedo Di Wajah

0
586
Kecantikan

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, begitu kata pepatah lama. Ya, memang benar adanya dari kalimat tersebut. Begitu pun untuk masalah komedo yang timbul pada wajah, kita harus melakukan langkah – langkah yang bisa mencegah munculnya komedo pada wajah kita.

Sebelum komedo tersebut muncul pada wajah kita, maka beberapa tindakan preventif perlu kita lakukan supaya wajah kita tetap bersih, segar dan berseri sepanjang hari. Kulit wajah yang terkena komeda akan memberika kesan jelek pada kulit wajah kita. Wajah kita terlihat kusam tak bercahaya, tanda – tanda penuaan semakin terlihat jika komedo tidak kita segera atasi.

Beberapa hal yang perlu dan harus dilakukan agar kita terhindar dari komedo adalah dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Cuci muka secara teratur. Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang menyebabkan komedo, terutama jika sebelumnya Anda mengonsumsi makanan-makanan berminyak (minyak dari makanan dapat menyumbat pori-pori). Gunakan sabun yang ringan dan lembut. Usahakan untuk tidak mencuci muka lebih dari dua kali sehari karena hal tersebut berisiko memperburuk jerawat yang ada dan membuat kulit mengalami iritasi.
  • Mencuci rambut tiap hari. Cucilah rambut Anda tiap hari, terutama ketika rambut Anda berminyak. Minyak rambut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.
  • Menggunakan produk pengupas kulit mati. Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Cari produk yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.
  • Gunakan produk yang tidak mengandung minyak. Pilih riasan, losion, dan tabir surya yang tidak mengandung minyak. Beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak bisa memperparah komedo.

Demikian beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah munculnya komedo pada kulit wajah kita. Dengan melakukan langkah – langkah tersebut, setidaknya peluang munculnya komedo pada wajah kita bisa diminimalisir. Dapatkan wajah yang mulus, segar, berseri tanpa komedo yang akan mengganggu anda ketika anda melakukan interaksi dengan orang lain.