Mengenal Penyebab Radang Tenggorokan

0
1085

Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang umum sekali dan mungkin saja menimpa banyak orang. Walau terlihat sepele, akan tetapi saat radang tenggorokan menimpa seseorang dipastikan suasana diri dan hati menjadi benar-benar tidak enak. Hal tersebut karena gejala yang terjadi saat radang tenggorokan bukan saja terasa di tenggorokan. Akan tetapi bisa membuat tempat lain terasa sakit juga seperti sakit kepala/ pusing, demam, batuk, dan makan yang tidak berselera. Hal tersebut tentu saja mengganggu aktivitas anda, apalagi bila mengganggu selera makan bisa jadi pola makan anda berubah menjadi tidak sehat. Untuk itu sebisa mungkin kita harus menghindari dan membentengi diri dari sakit radang tenggorokan. Guna mencegah terjadinya penyakit tersebut mari kita kenali hal-hal yang bisa menjadi penyebab radang tenggorokan terjadi.

Hal yang bisa menyebabkan radang tenggorokan bisa diklasifikasikan kedalam dua golongan. Yang pertama adalah penyebab yang mengakibatkan infeksi yakni yang disebabkan oleh virus dan bakteri dan penyebab yang bersifat non infeksi.

Pertama, radang tenggorokan terjadi karena adanya reaksi terhadap suatu kotoran berupa virus dan bakteri yang menyebabkan peradangan atau infeksi pada saluran tenggorokan. Virus merupakan penyebab radang tenggorokan yang paling populer dan paling sering terjadi. Selain itu kemunculan bakteri tertentu juga memungkinkan terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan tersebut. Oleh karenanya memastikan makanan yang kita makan sehat dan bersih adalah langkah sederhana yang penting untuk dilakukan. Selain itu, memastikan selalu mencuci tangan dengan sabun lifeboy untuk memastikan tangan yang digunakan untuk makan terbebas dari berbagai virus dan bakteri yang berbahaya penyebab radang tenggorokan. Walau terkesan sederhana akan tetapi pola hidup semacam itu bisa meminimalisir resiko terkena radang tenggorokan.

Kedua, penyebab radang yang bersifat non infeksi. Maksudnya penyebab tersebut tidak dilatarbelakangi oleh adanya reaksi terhadap kotoran (virus dan bakteri), akan tetapi penyebab tersebut adalah berupa kondisi-kondisi tertentu yang memungkinkan terjadinya peradangan pada saluran tenggorokan. Kondisi-kondisi yang dimaksud tersebut diantaranya adalah:

  1. Terlalu banyak makanan yang mengandung minyak dan minyak tersebut merupakan minyak kotor.
  2. Kekeringan pada tenggorokan akibat kekurangan cairan.
  3. Alergi pada suatu makanan yang dikonsumsi sehingga alergi tersebut menimbulkan reaksi peradangan pada tenggorokan.

Setelah mengetahui secara umum penyebab-penyebab yang memungkinkan terjadinya peradangan terhadap tenggorokan, maka dengan begitu mulai sekarang kita semua bisa mengantisipasi dan menjaga diri dari penyebab-penyebab tersebut.