Mengenali Gejala Tipes dengan Baik

0
1050

Tipes / tifus adalah merupakan suatu kondisi dimana terjadi gangguan dalam saluran usus halus akibat adanya infeksi dari bakteri yang dinamakan thipoid sehingga menyebabkan berbagai reaksi yang terlihat diluar. Penyakit tipes adalah penyakit yang mungkin saja terjadi pada semua orang, baik dewasa, anak-anak, orang tua, bahkan bayi sekalipun. Walaupun selama ini hal yang sering kita dengar bahwa tipes terjadi dan menjangkit anak-anak. Sakit tipes merupakan penyakit serius yang tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika terus berlanjut yang terjadi adalah luka yang semakin serius pada usus halus sehingga usus halus kehilangan fungsinya.

Masih banyaknya kasus penyakit tipes yang timbul dikalangan kedokteran menandakan bahwa penyakit ini masih sering timbul. Selama ini, banyak terjadi kekeliruan dalam memahami gejala tipes, karena memang gejala penyakit tersebut hampir sama atau mirip dengan gejala pada penyakit demam berdarah. Untuk mengetahuinya dengan pasti mari kita kenali gejala-gejala penyakit tipes:

  1. Demam atau tingginya suhu tubuh. Panas/ demam tersebut sering disebut orang sebagai penyakit, padahal hal tersebut merupakan gejala dari terjadinya suatu penyakit. Pada sakit tipes gejala demam/ naiknya suhu tubuh terjadi sangat tinggi dan umumnya tidak stabil. Panas/ demam yang diderita biasanya terjadi sangat tinggi pada sore dan malam hari. Akan tetapi pada pagi hari tubuh mulai turun, kemudian hal tersebut terus berulang sampai lebih dari 3 hari.
  2. Denyut jantung melambat, padahal biasanya saat demam dan panas tubuh biasa terjadi denyut jantung dan nadi seseorang akan meningkat lebih cepat. Akan tetapi berbeda dengan sakit tipus justru denyut jantung dan nadi lebih melambat lagi.
  3. Lidah berwarna putih, seperti yang sudah dibahas diatas bahwa sakit tipes adalah sakit yang disebabkan oleh suatu bakteri. Oleh karena itu, lidah akan terlihat putih dan kotor. Hal tersebut menyebabkan rasa setiap makanan yang dimakan akan terasa pahit. Oleh karenanya orang yang sedang terjangkit tipes akan memiliki selera makan yang kacau.
  4. Sakit Tenggorokan, tenggorokan akan sedikit memerah, meradang, dan juga akan kering. Hal tersebut karena adanya bakteri yang menginfeksi. Gejala tipes yang satu ini sangat menyiksa karena mengganggu proses pencernaan makanan, oleh karenanya konsumsi makanan yang lembut adalah langkah yang tepat.
  5. Nyeri badan, nyeri pada anggota badan merupakan salah satu gejala yang akan terasa pada saat sakit tipes. Anggota badan yang biasanya terasa nyeri ialah kaki, tangan, tulang belakang, lingkaran mata, perut dan lain-lain