Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi dengan Salep atau Krim

0
21

Ruam popok yang juga dikenal dengan istilah diaper rash merupakan masalah kulit pada bayi yang berkaitan dengan popok basah dan jarang diganti. Dinamakan ruam popok karena penyebab utamanya adalah kesalahan dalam menggunakan popok. Apabila Si Kecil mengalami ruam popok, maka Anda harus selalu menjaga kulit bayi agar tetap bersih dan kering. Cara mengobati ruam popok pada bayi bisa dilakukan dengan memberikan salep atau krim. Berikut ini adalah deretan krim yang bisa dipakai:

Salep dengan Kandungan Zinc Oxide

Jenis salep pertama yang biasanya digunakan untuk mengobati ruam popok adalah salep zinc oxide. Kandungan tersebut dikenal mampu menenangkan dan melindungi kulit Si Kecil. Salep ini dioleskan saat mengganti popok.

Salep Hidrokortison

Salep atau krim hidrokortison bisa membantu mengobati kulit yang mengalami peradangan ringan. Cara kerjanya yaitu mengurangi gatal, pembengkakan, dan kemerahan. Namun penggunaan salep hidrokortison ini membutuhkan resep dari dokter.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly termasuk krim yang cukup populer karena sering menjadi kandungan dalam produk skincare. Manfaatnya yaitu memberikan perlindungan, meredakan kemerahan, menenangkan kulit, dan mencegah risiko lain. Selain digunakan untuk ruam popok, krim petroleum jelly juga bisa digunakan pada kulit dermatitis.

Salep Antibiotik

Ruam popok yang disebabkan oleh infeksi bakteri menimbulkan gejala seperti benjolan, lecet, dan gatal. Salep antibiotik biasanya digunakan untuk mengobati ruam popok akibat infeksi bakteri. Penggunaannya harus melalui resep dokter.

Krim Anti Jamur

Selain bakteri, ruam popok juga terjadi akibat jamur. Gejala utama infeksi akibat jamur adalah gatal dan ruam merah. Salep atau krim anti jamur bisa membantu menghilangkan rasa gatal dan ruam. Sama seperti salep antibiotik, penggunaan krim anti jamur sebaiknya juga melalui konsultasi dengan dokter.

Itulah cara mengobati ruam popok pada bayi menggunakan salep atau krim. Selain itu, pastikan Si Kecil menggunakan popok yang aman dari ruam. MAKUKU SAP Diapers adalah pilihannya. Teknologi 100% SAP (Super Absorbent Polymer) yang digunakan membantu permukaan tetap kering karena penyerapan yang cepat dan maksimal, jadi Si Kecil bisa terhindar dari ruam. Bukan hanya itu saja, popok ini juga mampu memberikan sirkulasi udara yang baik agar kulit selalu kering. Kelebihan lain mengenai MAKUKU SAP Diapers bisa Anda lihat di website http://www.makuku.co.id/