Penilaian Kalung Berlian Istimewa Berdasarkan Light Performance

0
7
kalung berlian istimewa

Sebagian besar kalung berlian yang ada di pasaran menggunakan standar GIA (Gemological Institute of America) untuk menilai kualitasnya. Berdasarkan standar GIA, kualitas kalung berlian istimewa ditentukan oleh cut atau potongan, carat atau berat karat, color atau warna, dan clarity atau kejernihan. Namun ternyata penilaian tersebut tidak cukup untuk mengukur keindahan sebuah kalung berlian.

Oleh sebab itu, Mondial Jeweler sebagai brand ternama menilai kalung berdasarkan light performance. Light performance sendiri adalah penilaian kualitas berlian berdasarkan interaksinya ketika bertemu dengan cahaya. Penilaian ini dilakukan dengan Sarine Technology Lab yaitu inovator pertama yang menggabungkan gemologi dengan teknologi kecerdasan buatan.

Parameter Light Performance

kalung berlian istimewa

Ada empat parameter yang dinilai untuk mendapatkan kalung berlian terbaru yang istimewa, berikut di antaranya:

  1. Sparkle atau kilau berlian

Parameter light performance yang pertama adalah sparkle atau kilauan. Parameter ini penting karena keindahan berlian ditentukan oleh seberapa bagus kilauannya. Sparkle pada light performance dipengaruhi oleh cut atau potongan berlian. Apabila potongannya ideal dan presisi, maka pantulan cahayanya akan sangat baik. Bahkan ketika berlian berada di ruangan yang gelap sekalipun.

  1. Fire atau refleksi cahaya

Fire merupakan parameter yang menunjukkan biasan warna saat cahaya menyentuh sisi berlian. Sederhananya, fire merupakan refleksi cahaya yang dihasilkan oleh berlian. Parameter ini juga dipengaruhi oleh potongan ideal dan simetris. Jika potongannya sempurna, bias cahaya yang dihasilkan kalung akan sangat baik.

  1. Light Symmetry atau pendistribusian cahaya

Pendistribusian cahaya yang baik bisa membuat berlian semakin indah. parameter ini tidak hanya dipengaruhi oleh potongan saja, namun juga karakteristik unik dan pola hearts and arrows. Pola tersebut adalah pola simetri berbentuk panah dan hati. Penempatan sisi harus simetris sehingga tidak ada bagian culet yang pecah. Penampilan dan pantulan sinar akan sangat baik dan sempurna. 

  1. Brilliance

Pantulan cahaya berlian berdasarkan keadaan yang ada di sekitar. Brilliance menjadi faktor penilaian light performance selanjutnya yang perlu diperhatikan dengan baik. Apabila tingkat brilliance rendah, kalung berlian tidak mampu bersinar dengan baik. Sinarnya tampak redup dan buram serta tidak mampu memantulkan cahaya putih. Brilliance menentukan seberapa hidup berlian pada sebuah kalung.

Keuntungan Berlian dengan Light Performance

Berikut ini merupakan keuntungan memiliki kalung berlian yang memperhatikan light performance:

  • Diterbitkan dan diverifikasi Sarine Technology Lab

Sarine Technology Lab merupakan laboratorium yang menerbitkan dan memverifikasi kualitas berlian berdasarkan light performance. Sama seperti GIA, Sarine Technology Lab telah diakui secara international. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai kredibilitasnya.

  • Menambah nilai berlian

Penilaian 4C berdasarkan cut, color, clarity, dan carat tidak cukup menentukan kualitas berlian. Oleh sebab itu ditambahkan penilaian dengan parameter yang lebih dalam. Dengan penilaian ini, kalung yang Anda beli akan lebih bernilai.

  • Berbeda dari berlian lain

Sebagian besar kalung berlian menggunakan penilaian standar GIA yaitu 4C. Namun kalung ini berbeda dari berlian yang lain. Tidak hanya kualitas 4C saja, namun penilaian dilakukan berdasarkan keindahan pantulan cahayanya. Anda bisa menggunakannya di momen-momen khusus.

  • Sesuai tren

Sarine Technology Lab merupakan laboratorium berbasis teknologi. Jadi mereka juga mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Anda bisa mendapatkan laporan atau report berbentuk fisik dan digital. Laporan digital bisa dicek melalui kode QR pada laporan atau sertifikat fisik. 

Itulah pembahasan mengenai cara penilaian light performance pada sebuah kalung berlian. Anda bisa mendapatkan kalung berlian istimewa tersebut hanya di Mondial Jeweler. Selain melakukan penilaian berdasarkan light performance, kualitas 4C tetap diukur.

Koleksi yang memenuhi penilaian light performance dinamakan dengan MEC Ultimate. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kualitas berlian tersebut di website www.mondialjeweler.com