Hati-hati! Apakah Kalung Berlian Milik Anda Asli?

0
9
kalung berlian
kalung berlian

Memiliki perhiasan berlian sudah barang tentu menjadi salah satu hal yang menggembirakan bagi pemiliknya. Namun apa yang terjadi jika batu mulia yang dibeli dengan harga cukup tinggi tersebut merupakan berlian tiruan yang dijual oleh oknum penjual perhiasan tidak bertanggung jawab? Maka dari itu, penting untuk calon pembeli mengetahui karakteristik asli berlian sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika Anda termasuk salah satu calon pembeli kalung berlian yang belum banyak mengerti mengenai informasi ini, simak ulasan kami dan pastikan perhiasan berlian Anda menggunakan batuan mulia asli bersertifikat.

Apakah Benar Ada Berlian Palsu?

Ketika sebagian besar toko perhiasan berlomba-lomba untuk menjual berlian dengan kualitas terbaik, ada sebagian kecil oknum yang menjual batu mulia palsu dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan berlian dengan kualitas asli. Harga yang ditawarkan berada di bawah pasaran harga berlian asli sehingga banyak orang yang tertarik dengan berlian ini.

Tidak hanya berlian berupa batuan mulia yang banyak dipalsukan, tetapi juga berlian yang tersemat pada perhiasan layaknya cincin, kalung, hingga anting. Calon pembeli harus memahami beberapa karakteristik berlian asli sehingga bisa membedakan mana berlian yang asli dan mana yang palsu. Atau jika Anda sudah memiliki berlian tersebut, ada baiknya untuk mengecek apakah perhiasan Anda menggunakan berlian asli atau palsu.

Tes Karakteristik Berlian Asli di Rumah

kalung berlian

Jika kebetulan Anda telah membeli perhiasan bersemat berlian, beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mengetes keaslian batu mulia tersebut.

Tes Batu Berlian Utuh

  • Tes dengan segelas air. Berlian asli akan langsung tenggelam ke dasar sedangkan berlian palsu akan mengapung atau cenderung berada di tengah gelas.
  • Berlian adalah batu mulia yang tidak mudah pecah jadi panaskan batu berlian Anda selama beberapa saat sebelum memasukkan dalam air dingin. Jika berlian tersebut tidak pecah atau retak, bisa dipastikan berlian tersebut asli.

Tes Berlian Pada Perhiasan

  • Jika Anda memiliki kalung berlian atau perhiasan lain bertahta batu berlian, coba tes dengan menghembuskan nafas ke perhiasan tersebut. Jika embun yang dimiliki oleh berlian tetap tertahan selama beberapa waktu lamanya, berlian tersebut palsu. Embun pada berlian asli akan menghilang dengan cepat.

Tes Karakteristik Berlian Asli sebelum Membeli

Jika kebetulan Anda belum membeli perhiasan berlian, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk menghindari kemungkinan membeli berlian palsu.

  • Lakukan riset toko perhiasan dengan reputasi baik. Lihat dari komentar pelanggan di laman officialnya
  • Tanya informasi sebanyak-banyaknya mengenai berlian yang akan Anda beli kepada penjual. Sebelumnya lakukan riset mengenai produk tersebut, semisal kalung berliontin berlian. Pastikan Anda telah mengantongi informasi sebelum membelinya sehingga Anda bisa bertanya kepada penjual dengan pertanyaan yang memiliki dasar.
  • Pastikan Anda mendapatkan sertifikat asli pada saat pembelian perhiasan berlian atau batu berlian secara utuh. Di sertifikat ini nanti akan tersemat beberapa informasi mengenai carat, cut, clarity, dan color dari berlian itu sendiri.

Rekomendasi Model Kalung Berlian Terbaru

Jika Anda masih ragu untuk membeli kalung bermata berlian yang asli, kami rekomendasi salah satu toko jewelry dengan reputasi baik yaitu Mondial yang tersebar di banyak kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Koleksi kalung berlian dengan nama Mondial Dreams bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk para wanita modern yang mencari desain kalung yang simple dan elegan yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan sehari-hari atau sebagai aksesoris acara spesial.