Manfaat labu kuning sebagai bahan MPASI

0
15

Dalam masa pertumbuhannya singkatnya membutuhkan energi yang cukup untuk mengembangkan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak lebih optimal. Untuk mendapatkan hal tersebut Bunda perlu membuat variasi resep makanan bayi usia 6 bulan ke atas dengan pertimbangan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Labu kuning merupakan salah satu bahan pembuat mp-asi yang tepat karena menjadi salah satu makanan prebiotik yang yang memiliki kandungan nutrisi terbaik untuk mendukung pertumbuhan anak bayi berusia 6 bulan ke atas.

Sebagai makanan prebiotik labu kuning memberikan beberapa macam manfaat yang sangat besar salah satunya adalah mendukung pembentukan daya tahan tubuh si kecil agar lebih kuat. Daya tahan tubuh bagi bayi sangat penting agar mereka tidak mudah terserang penyakit. Labu kuning bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak karena memiliki kandungan beta karotin yang mampu membantu tubuh melawan virus infeksi dan penyakit menular yang berbahaya. Sedangkan minyak labu yang dihasilkan bisa bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan jamur. Manfaat selanjutnya labu kuning sebagai bahan pembuat menu MP Asi adalah menjaga kesehatan kulit dan mengurangi resiko terserang kanker. Kandungan karoten yang ada di dalam labu kuning mampu melindungi si kecil dari paparan langsung sinar ultraviolet yang menyebabkan kanker kulit dan melindungi mereka untuk terhindar dari resiko penyakit kanker lainnya. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam bahan makanan tersebut berperan sebagai antioksidan dan bermanfaat sebagai pelindung bagi sel dalam melawan radikal bebas.

Sebagai makanan prebiotik, manfaat labu kuning lainnya adalah membantu mencegah timbulnya masalah diabetes atau kelebihan gula darah dalam tubuh. Labu kuning memiliki manfaat untuk mengurangi kadar glukosa di dalam darah sehingga merupakan salah satu menu MP ASI yang baik untuk mencegah diabetes sejak dini. Labu kuning juga membantu untuk melindungi organ pencernaan agar tidak mudah terserang penyakit diare maupun konstipasi karena mampu memperlambat laju penyerapan gula ke dalam darah dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih teratur. Untuk cara penyajian yang lebih praktis Bunda bisa memilih setia Adella full serial susu wortel bayam dan labu yang memiliki kandungan nutrisi lengkap serta sangat cocok diberikan kepada bayi berusia 6 bulan keatas.