Cara Stimulasi Anak Sesuai Dengan Usianya

0
21
stimulasi anak
stimulasi anak

Pada periode masa tumbuh kembang anak, stimulasi sangat penting sekali untuk diperhatikan. stimulasi anak sejatinya harus disesuaikan dengan usia si kecil. Di lain sisi, ada cukup banyak jenis stimulasi yang penting untuk diperhatikan dan diimplementasikan kepada si kecil.

Berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana cara menstimulasi anak yang baik dan benar sesuai dengan usianya.

1.  Stimulasi Usia 1 Hingga 2 Tahun

Di usia ini, si kecil sudah bisa merangkak. Selama periode 2 hingga 3 tahun, si kecil akan cepat mengalami tumbuh kembang. Stimulasi yang cocok untuk anak di usia ini adalah mengajak mereka berbicara sesering mungkin.

Dengan mendengar suara orangtuanya, maka akan membantu perkembangan kemampuan komunikasi bayi. Jika si kecil sudah bisa tengkurap, maka tengkurapkan si kecil agar bisa membantu memperkuat otot leher dan juga bahunya.

2.  Stimulasi Usia 2 Hingga 3 Tahun

Saat si kecil berusia 2 hingga 3 tahun, mereka sedang mengalami perkembangan yang semakin kompleks. Di usia ini, anak-anak biasanya sudah memiliki pembedaharaan sekitar 50 kosakata yang sudah bisa mereka ingat secara langsung.

Di usia ini, anak-anak juga cenderung sudah bisa menemkan benda-benda yang disembunyikan, dan turun naik tangga. Bahkan si kecil pun sudah bisa menendang bola dan juga berlari.

stimulasi anak

3.  Stimulasi Anak 3 Hingga 5 Tahun

Di usia 3 hingga 5 tahun, umumnya anak-anak sudah tumbuh menjadi anak yang lebih mandiri. Mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar. Selain itu, mereka juga sudah bisa mendapatkan teman baru, lingkungan baru, dan juga pengalaman baru.

Pada  usia ini, anak-anak juga sudah bisa belajar seperti sekolah. Mereka sudah bisa diajarkan berbagai macam hal, misalnya seperti mengerjakan pekerjaan rumah yang sederhana.

Alangkah baiknya setiap orangtua mengoptimalkan stimulasi si kecil dengan memberi asupan nutrisi penting yang bagus untuk tumbuh kembang anak sejak dini. Salah satunya yaitu produk susu dari Wyeth Nutrition.

Demikian informasi seputar stimulasi anak yang sangat penting sekali diperhatikan oleh setiap orangtua. Semoga informasi di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan yang penting untuk mendukung tumbuh kembangnya.