4 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Prima

0
906
menjaga kesehatan tubuh
menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh adalah salah satu nikmat yang harus kita jaga, karena modal untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari yaitu dengan tubuh yang sehat, baik itu yang berhubungan dengan aktivitas duniawi atau dengan kehidupan setelahnya yaitu akhirat. Dengan sehat kita dapat melakukan apapun aktivitas yang kita inginkan dengan lancar dan sesuai harapan. Itu artinya, menjaga kesehatan tubuh amatlah sangat penting.

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima:

1. Penuhi makanan yang mengandung serat

Setiap tubuh manusia membutuhkan makanan yang mengandung serat. Serat sendiri memiliki fungsi yaitu untuk merangsang kelancaran dalam sistem pencernaan. Salah satu jenis makanan yang mengandung serat tinggi yaitu buah kiwi. Di dalamnya mengandung 3,0 gram/ 100 gram serat. Cara mengkonsumsi nya bisa dengan dibuatkan jus ataupun sub buah. Selain buah kiwi, kacang merah juga merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Bukan hanya serat, tetapi mengandung pula protein dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Sarapan sebelum jam 09.00 pagi

Beberapa ahli melakukan penelitian secara khusus, bahwa tubuh akan lebih baik menerima asupan makanan sebelum jam 09.00 pagi. Sarapan sangat dianjurkan, karena tubuh selama 7 sampai 8 jam di malam hari tidak menerima asupan makanan apapun. Dengan sarapan pula, merupakan salah satu asupan energi untuk bisa beraktivitas dengan tenaga yang maksimal.

3. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Sempurnakan pula asupan makanan yang sehat. Diantaranya dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, seperti nasi, lauk pauk, sayur, buah-buahan dan susu. Untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna, tidak harus Anda beli di supermarket, yang paling penting adalah kondisinya yang masih segar dan tidak mengandung bahan kimia apapun.

4. Jaga kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi pada kesehatan tubuh seseorang. Dengan lingkungan yang bersih, kondisi kesehatan seseorang bisa lebih terjaga dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit lainnya.

Bersihkanlah lingkungan sekitar rumah Anda, diawali dari dapur, ruang keluarga, kamar tidur, ruang tamu, dan di luar rumah. Dengan memperhatikan empat hal tersebut, pastinya Anda akan bisa menjaga kesehatan tubuh setiap hari.