Biarkan Anak Belajar Makan Sendiri. Ini Alasannya

0
905
anak belajar
anak belajar

Jangan terlalu cepat merasa kesal saat anak belajar makan sendiri lalu menjadi belepotan dan berantakan di lantai. Orang tua harus menyadari bahwa setiap perkembangan pada anak membutuhkan proses untuk menjadi sempurna. Belajarlah untuk lebih sabar ketika rumah menjadi kotor karena makanan si kecil yang berceceran. Justru beri dukungan padanya agar lebih semangat dalam belajar makan sendiri.

Di balik peristiwa yang mengesalkan seperti baju yang menjadi kotor terkena makanan atau lantai yang penuh dengan ceceran makanan sebenarnya ada manfaat yang bisa didapatkan. Dengan makan sendiri si kecil akan mendapatkan beberapa manfaat yang baik untuk tubuh dan perkembangannya. Mau tahu apa saja manfaat makan sendiri bagi si kecil? Silahkan simak di bawah ini.

anak belajar
anak belajar

Manfaat Makan Sendiri untuk Si Kecil

Membantu Anak Mencapai Berat Badan Ideal

Jika anak makan dengan disuapi terus menerus apalagi jika saat makan anak sambil bermain lari-larian kesana kemari bisa membuat makanan kurang bisa terserap secara maksimal oleh tubuhnya. Lain halnya jika anak belajar makan sendiri dengan duduk bersama anggota keluarga lainnya maka si kecil akan lebih fokus dan berat badannya bisa menjadi ideal sesuai dengan usianya.

Melatih Motorik Anak

Adalah hal yang sangat penting bagi orang tua untuk melatih kemampuan motorik anak. Nah, dengan membiarkan anak berlatih makan sendiri dia akan belajar untuk memegang sendok dan menyuapkan makanan ke dalam mulutnya. Secara otomatis kemampuan motorik si kecil akan terlatih dan terasah dengan baik. Begitu juga dengan kemampuan makannya yang semakin sempurna dan tidak berantakan lagi.

Melatih Potensi Anak

Membiarkan anak belajar makan sendiri sudah sesuai dengan apa yang ada pada metode pengajaran anak usia dini yaitu metode Montessori. Metode tersebut yang saat ini banyak digunakan sebagai dasar dalam sistem pengajaran anak usia dini atau PAUD. Membiarkan anak makan sendiri akan melatih anak mengembangkan kemampuannya sejak dini.

Tapi meskipun begitu jangan lengah dalam mengawasi si kecil saat mereka makan sendiri. Karena selama makan mungkin saja anak tersedak dan membutuhkan bantuan orang tuanya.