Makanan Sehat Saat Berpuasa yang Wajib Anda Ketahui

0
56

Puasa adalah salah ibadah yang bisa dilakukan kapan pun untuk jenis puasa sunat dan satu tahun sekali untuk puasa wajib. Pada saat setiap orang menjalankannya, penting untuk tetap menjaga kesehatan seperti salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat saat berpuasa. Ada banyak sekali makanan yang bisa anda jadikan sebagai pertimbangan untuk menjaga kesehatan ketika tengah melakukan aktifitas puasa anda. Memperhatikan makanan sama halnya dengan memperhatikan kesehatan anda karena memilih makanan yang tepat akan membantu anda menjaga tubuh agar tetap bugar ketika melaksanakannya begitu juga ketika anda sudah berbuka dengan makanan – makanan yang tepat dan juga memiliki kandungan terbaik.

Untuk berbagai macam makanan sehat saat berpuasa ada banyak sekali yang dapat anda pilih dan anda sesuaikan sendiri dengan keinginan dan selera masing – masing. Namun yang paling penting adalah kandungan yang terdapat di dalamnya seperti kandungan vitamin, mineral dan juga serat. Penting juga untuk memilih makanan yang mengandung kandungan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk tubuh kita. Sebagai lauk, usahakan untuk memilih jenis makanan dengan kandungan protein tinggi baik itu dari jenis protein nabati maupun hewani. Untuk protein dari nabati anda bisa mendapatkannya dari kacang – kacangan dan juga beberapa macam jenis makanan yang mengandung protein lainnya. Selain itu, ada banyak jenis makanan yang mengandung kandungan protein hewani seperti daging sapi, daging ayam dan juga daging ikan.

Bagi yang ingin berbuka, disarankan untuk mengkonsumsi terlebih dahulu makanan yang manis. Ada baiknya makanan tersebut mengandung kandungan gula alami agar menyehatkan. Salah satu jenis makanan yang mengandung gula alami adalah kurma yang disarankan oleh nabi Muhammad bagi semua umat muslim yang akan berbuka.

Kurma sendiri memiliki kandungan gula alami yang baik untuk energi pada saat setelah melakukan ibadah puasa. Selain makanan, anda pun perlu memperhatikan minuman seperti air putih pada saat sahur dan juga buka puasa agar anda tidak kekurangan cairan. Dengan demikian puasa anda akan lancar dan juga tetap sehat sepanjang hari.