Fungsi Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

0
1446

Fungsi lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali. Sehingga, tak heran kalau gel lidah buaya sering dimasukkan ke dalam produk kecantikan dan kesehatan.  Anda bisa menggunakan lidah buaya dalam segala hal mulai dari jerawat hingga luka ringan sampai iritasi yang disebabkan oleh eksim atau rosacea. Bahkan bisa membantu mengatasi herpes. Sungguh obat alami yang bisa membuat hidup Anda lebih menyenangkan.

Tanaman lidah buaya bisa ditemukan dikawasan kering termasuk Indonesia. Lidah buaya atau aloevera ini termasuk dalam daftar 10 tanaman terlaris di dunia yang bisa dikembangkan sebagai obat maupun bahan baku industri. Dari hasil penelitian, aloevera mengandung asam amino, enzim, vitamin, mineral dan lainnya. Nah, berikut ini fungsi lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan!

Lidah buaya bisa membantu membersihkan jerawat

Fungsi lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan yang pertama yakni sebagai pembersih jerawat. Lidah buaya mengandung asam salisilat dan senyawa antiseptik lainnya yang membunuh bakteri penyebab jerawat, kata Francesca Fusco, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City. Itu menjadikannya obat alami yang hebat untuk berjerawat, dan pembersih yang sangat baik untuk kulit. Satu peringatan, sebelum mengoleskan lidah buaya ke kulit yang meradang, lakukan tes tempel di tempat lain di tubuh Anda. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu dapat menyebabkan reaksi pada orang yang sangat sensitif.

Melembabkan kulit kering

Lidah buaya dikemas dengan mineral, enzim, antioksidan, dan vitamin A, C, dan E, yang semuanya bekerja sama untuk memperkuat penghalang kulit. Bahan-bahan itu sangat melembabkan, Lidah buaya juga mengandung polifenol, yang mampu melindungi dari kanker kulit dan radikal bebas yang mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan di kulit.

Menenangkan kulit yang teriritasi

Kondisi seperti rosacea, eksim, dan psoriasis sering dikaitkan dengan kekeringan dan pembengkakan. Asam lemak lidah buaya, bersama dengan enzim yang disebut bradikinin, dapat membantu menenangkan kulit. Selain sifat antibakteri, lidah buaya mengandung senyawa yang bisa mengurangi peradangan. Jusnya juga sangat menghidrasi, sehingga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit saat menyembuhkan. Satu review penelitian ilmiah menemukan bahwa lidah buaya mempercepat laju penyembuhan luka bakar ringan hampir sembilan hari.

Membantu melawan herpes

Sifat antivirus tanaman ini dapat membantu melawan virus herpes. Lidah buaya juga bisa memberikan kelegaan yang menenangkan, menutupi dan melindungi kulit yang  buruk kondisinya. Sifat ini juga cocok untuk kulit Anda setelah proses pencukuran jenggot.

Penghilang make up alami

Karena lidah buaya lembut pada kulit dan memiliki konsistensi seperti gel, ia bekerja dengan baik sebagai penghilang make up alami. Haluskan dan bersihkan dengan lap untuk membuat wajah Anda bebas dari make up.

Itulah fungsi lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.