Apakah Vertigo Itu Berbahaya?

0
564
Apakah Vertigo Itu Berbahaya?
Apakah Vertigo Itu Berbahaya?

abhtf – Vertigo adalah dimana seseorang berada dalam kondisi pusing, seperti berputar dan kepala terasa berat hingga kuping berdengung dan tidak dapat melakukan aktivitas apapun dalam beberapa waktu. Vertigo ini bukan merupakan penyakit tetapi dapat menjadi sebuah gejala yang menandakan adanya gangguan kesehatan pada tubuh seseorang. Namun, jika seseorang mengalami vertigo yang lebih sering dan membutuhkan proses pemulihan yang lebih dari satu hari, makan sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjutan terhadap keluhan yang anda alami, sehingga penyakit yang anda derita dapat terdeteksi dengan jelas.

Apakah Vertigo Itu Berbahaya?
Apakah Vertigo Itu Berbahaya?

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya vertigo, diantaranya terdapat gangguan telinga dalam, infeksi telinga dalam, trauma kepala akibat pernah terbentur keras, mengkonsumsi obat dalam jangka waktu panjang, migrain (sakit kepala sebelah), dan seseorang yang mengalami stroke. Secara umum, vertigo juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi kafein, minum alkohol dan menjadi perokok aktif, obesitas, tingkat kolesterol tinggi, tingkat gula darah tinggi, kekurangan cairan, berbagai penyakit pembuluh darah, dan kurangnya istirahat.

Seseorang yang mengalami vertigo dapat merasakan gejala yang berbeda-beda seperti rasa sakit kepala yang sangat hebat pada saat kepala digerakkan ke salah satu arah, terasa seperti adanya putaran hebat ketika kepala bergerak maupun saat bangun dari tidur, rasa mual yang hebat hingga muntah, reaksi mata yang kurang peka karena jika mata digerakkan maka kepala akan menjadi lebih pusing, keringat dingin, gangguan pendengaran saat sakit kepala (telinga berdengung), pandangan menjadi kabur, tubuh akan menjadi lebih lemah dan tidak bisa beraktivitas apapun, hingga nafsu makan yang menurun dan sulit menelan makanan.

Meskipun vertigo ini bukan merupakan penyakit, namun gejala yang timbul bisa dikatakan sebagai awal adanya penyakit yang mulai mengganggu anggota tubuh anda. Reaksi vertigo yang parah dan dalam waktu yang cukup lama serta sering terjadi berulang kali juga dapat menjadi gejala awal dari adanya penyakit tumor otak yang dapat mengancam nyawa anda. Untuk itu, jika sering mengalami masalah vertigo dan tidak tahu penyebabnya, maka sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk mencegah terjadinya resiko buruk yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari.