7 Daftar Hal yang Berkaitan Erat Dengan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika

0
31
jurusan teknik informatika

Perkembangan teknologi dan dunia digital sangat luar biasa. Apalagi pada masa pandemi seperti saat ini, yang segala sesuatunya dilakukan secara online. Hal tersebut juga yang membuat jurusan teknik informatika (TI) memiliki banyak peminat. 

Persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangat ketat, untuk itu siapkan dengan baik, agar anda menjadi salah satu orang yang terpilih. Ada beberapa fakta unik yang dimiliki dari jurusan ini. Berikut daftar fakta unik dari jurusan ini.

Fakta Unik Kuliah Pada Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika
  1. Matematika

Meski teknik informatika berkaitan erat dengan komputer, namun pembelajaran logika matematika menjadi pelajaran wajib. Matematika ini juga yang digunakan untuk membuat coding di dalam aplikasi. Hal itu membuat matematika yang diajarkan pada jurusan ini cukup rumit.

  1. Tugas Membuat Aplikasi

Hal ini seperti kewajiban yang dimiliki oleh setiap mahasiswa TI. Dan diketahui bersama jika membuat aplikasi bukanlah hal yang mudah. Butuh kreatifitas, ketelitian, dan ketekunan yang bagus. Terlebih banyak dosen yang menetapkan deadline menakutkan bagi mahasiswa, yang membuat mengerjakan proyek tanpa mengenal waktu.

  1. Pantang menyerah

Itulah satu kalimat yang sangat cocok menggambarkan anak TI. Dalam tugas atau proyek yang diberikan apabila salah sedikit saja maka akan memunculkan kata Error. Dan itu, berarti mereka harus mengoreksi ulang rumus yang di masukan. Dan setiap proyek yang diberikan seringkali harus dilakukan beberapa kali untuk mampu berjalan maksimal.

Tidak jarang mereka mencari referensi tugas serupa yang mirip di google untuk menyelesaikan tugas. Banyak juga mahasiswa yang menanyakan tugas tersebut pada kakak tingkat untuk mendapatkan solusi. Karena tugas yang diberikan oleh dosen akan berbeda dengan tugas sebelumnya. Sehingga menguras otak dan tenaga.

  1. Begadang

Anak yang kuliah TI tanpa pernah begadang mengerjakan tugas, menjadi suatu hal yang mustahil. Banyak tugas anak TI yang harus dikerjakan sendiri. Apalagi jika tugas tersebut merupakan proyek besar.

Kebiasaan yang dimiliki anak TI sendiri adalah mengerjakan tugas di malam hari bahkan menjelang tengah malam baru memulai coding. Hal itu, yang membuat mereka begadang atau bahkan tanpa sengaja tertidur di tengah mengerjakan tugas. Deadline yang mengejar juga menjadi tantangan luar biasa yang mampu membuat otak anak TI bekerja keras di mana pun.

  1. Berfikir logika

Hal ini menjadi wajib karena mereka harus bisa mempresentasikan hasil program yang dibuat. Dan penjelasan yang diberikan harus dapat di logika. Misalnya mereka memiliki tugas membuat program X, setelah mendapatkan hasilnya. Memikirkan proses kerja program menjadi hal wajib. Dan semua itu dapat terselesaikan dengan logika.

  1. Laptop bagaikan pacar

Anak TI biasa membawa laptop ke mana saja mereka pergi. Dengan asumsi, ketika mendapat ide dapat segera direalisasikan. Bukan hal jarang juga jika laptop anak TI menyala lebih dari 12 jam sehari. 

  1. Bekerja sebelum lulus

Berbekal banyak ilmu teknologi yang mereka dapatkan di bangku kuliah. Sebelum lulus pun, banyak di antara mereka yang sudah bekerja. Hal itu dikarenakan peluang TI sangat besar dan luas. Bahkan pekerjaannya dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun asal ada koneksi internet dan laptop.

Sangat keren bukan beberapa fakta unik dari jurusan teknik informatika ini. Semoga informasi di atas dapat menjadi bahan pertimbangan ketika mengambil jurusan ini. Dan memaksimalkan pembelajaran mata kuliah maupun soft skill yang diberikan menjadi hal wajib, karena itu sangat berguna di dunia kerja.