Pentingnya Digital Marketing bagi Dunia Perfilman

0
23
Kursus film
Kursus film

Saat ini, platform digital telah menjadi tren baru bagi perubahan perilaku manusia. Tak terkecuali dengan dunia perfilman. Pemanfaatan platform digital diharapkan mampu mendorong kemajuan pada dunia perfilman. Untuk itu, penting bagi mahasiswa Digital Film & Media Production IDS dalam mempelajari digital marketing. Oleh karenanya, sebagai salah satu sekolah dan kursus film terbaik, IDS telah concern dalam hal tersebut. 

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk dengan menggunakan platform digital atau internet. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Pasalnya, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas. Sehingga tidak heran banyak perusahaan industri yang memanfaatkan platform digital sebagai media pemasaran. 

Banyaknya perusahaan industri yang memanfaatkan digital marketing menyebabkan kompetisi yang luar biasa. Oleh karena itu, teknik pemasaran yang tepat dibutuhkan, khususnya di dunia perfilman. 

Kelebihan Digital Marketing

Banyak kelebihan yang dimiliki digital marketing dibandingkan  pemasaran konvensional.. hal ini terbukti dari banyaknya penggunaan digital marketing oleh banyak perusahaan industri. Maka, berikut beberapa kelebihan pemasaran digital:

Kursus film
  1. Kecepatan penyebaran

Bukan platform digital namanya kalau tidak serba cepat. Pemasaran melalui platform digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

  1. Kemudahan evaluasi

Dengan menggunakan media digital, hasil dari kegiatan pemasaran akan dapat langsung diketahui. Contohnya beberapa informasi seperti berapa banyak yang menonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan. Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, Anda akan dapat mengevaluasi mana iklan yang baik dan buruk. sehingga hal tersebut dapat diperbaiki untuk periode berikutnya. 

  1. Jangkauan lebih luas

Digital marketing memiliki jangkauan geografis yang luas. Anda dapat menyebarkan iklan produk film ke seluruh penjuru dunia dengan mudah hanya dengan memanfaatkan internet.

  1. Murah dan efektif

Dibandingkan dengan kegiatan pemasaran konvensional, digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report, biaya anggaran yang dihemat dapat mencapai 40%. Selain itu, 28% pengusaha kecil telah beralih ke digital marketing karena terbukti lebih efektif.

  1. Membangun nama brand

Digital marketing membantu membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan produk sangat penting karena penonton akan mengulas film di internet sebelum mereka berminat menontonnya. 

Digital Marketing dalam Dunia Perfilman

Setelah produksi film selesai, promosi perlu dilakukan agar dengan mudah dikenal dan dijangkau oleh penonton. Metode pemasaran konvensional seperti menggunakan poster film, trailer akan dapat mempengaruhi keputusan calon konsumen dengan cepat. Sementara saat ini, pemanfaatan  media sosial untuk berbagi video telah memberikan nilai  yang  lebih  luas  kepada  konsumen.    Yaitu dalam hal pencarian   informasi, pengambilan  keputusan,  dan  berbagi informasi.  Misalnya,  konsumen  dapat menonton  cuplikan atau trailer film di Youtube, Instagram, Twitter, atau Tik Tok. Sebelum  pergi  ke bioskop atau teater, penonton akan dengan mudah membagikan cuplikan tersebut dengan  keluarga,  saudara, atau pun teman.

Saat ini, banyak rumah produksi dan agen periklanan yang memanfaatkan  media  sosial dalam  mempromosikan  film  yang  akan tayang.  Selain  menargetkan  penonton potensial,  rumah  produksi  atau  agen periklanan   tersebut   mendapatkan kesempatan  untuk  memperluas  pasar. Mereka  dapat menjangkau  pengguna media  sosial  agar  bisa menjadi  penonton  potensial.  Dengan penggunaan media sosial, rumah produksi akan  dapat dengan mudah terhubung bersama penggemar mereka. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai digital marketing pada dunia perfilman. Untuk mempelajarinya lebih dalam, Anda dapat menemukannya di sekolah dan kursus film terbaik yaitu International Design School yang sangat concern dalam hal tersebut.