5 Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

0
122
Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Berlian merupakan sebuah batu permata yang telah diasah sedemikian rupa hingga mampu memancarkan kilauan indah. Banyak yang menganggap bahwa berlian merupakan batu paling berharga di Bumi. Tidak heran jika harganya sangat tinggi, apalagi jika sudah dijadikan sebagai perhiasan. Beberapa perhiasan yang sering memanfaatkan berlian untuk menambah keindahannya yaitu cincin, anting, gelang, liontin, dan bros. Namun Anda harus cermat memilih perhiasan berlian asli karena masih banyak yang palsu di pasaran.

Beberapa orang sulit membedakan antara berlian asli dan palsu karena kemiripannya yang tinggi. Karena hal tersebut, tidak sedikit yang tertipu dengan membeli perhiasan palsu yang sebenarnya memiliki harga jauh lebih murah. Anda bisa membedakan sendiri berlian asli dan palsu dengan cara yang sederhana. Inilah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengetahui keaslian berlian:

Tes Embun

Tes embun merupakan cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membedakan berlian asli dan palsu. Cara melakukan tes embun sangat sederhana, Anda hanya tinggal menghembuskan napas ke arah berlian. Berlian asli merupakan konduktor yang baik sehingga embun akan cepat menghilang. Berkebalikan dengan hal tersebut, embun pada berlian palsu akan tahan dalam waktu yang lebih lama.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Digores Menggunakan Amplas

Beberapa orang mungkin merasa ragu untuk mengecek keaslian berlian dengan menggoreskan menggunakan amplas. Anda sebenarnya tidak perlu khawatir karena berlian asli tidak mungkin meninggalkan bekas goresan. Sebaliknya berlian palsu lah yang mudah tergores apabila digosokkan dengan amplas. Karena pada umumnya berlian palsu menggunakan bahan berupa cubic zirconia yang memang mudah tergores.

Amati dengan Loupe

Loupe merupakan sebuah alat yang tampak seperti kaca pembesar. Alat ini mudah sekali Anda dapatkan di pasaran atau di toko perhiasan. Jika sudah memiliki loupe, Anda bisa langsung mengamati perhiasan berlian yang dimiliki. Perhiasan berlian asli pada umumnya memiliki tepi yang terlihat tajam, sedangkan perhiasan berlian palsu tampak lebih bulat.

Perhatikan Bayangannya

Mungkin hal ini yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Pasalnya bayangan dari perhiasan berlian asli hanya berwarna putih dan abu-abu saja. Sedangkan perhiasan palsu memiliki pantulan atau bayangan yang berwarna pelangi. Anda bisa mengetahui warna bayangan apabila melihatnya secara lurus dari bagian atas berlian.

Tes Koran

Tes koran bisa dilakukan dengan cara meletakkan berlian di atas buku kemudian perhatikan tulisan di bawahnya. Berlian asli memiliki struktur yang mampu menghalangi cahaya untuk masuk. Jadi Anda tidak akan melihat tulisan yang ada di bawah berlian. Apabila Anda bisa melihat tulisan di bawahnya maka perhiasan Anda kemungkinan besar adalah perhiasan palsu.

Tanyakan Sertifikat yang Dimiliki

Cara mengetahui keaslian berlian yang terakhir yaitu melalui sertifikat berlian. Berlian asli pasti memiliki sertifikat dari lembaga resmi seperti GIA, IGI, atau AGS. Pastikan juga bahwa sertifikat yang diberikan asli.

Perhiasan Asli dari Mondial dan Miss Mondial

Apabila masih ragu untuk menentukan perhiasan berlian asli atau palsu, Anda bisa membeli perhiasan di tempat yang terpercaya. Salah satu toko perhiasan terpercaya yang bisa Anda pilih adalah Mondial Jeweler. Toko yang berada di bawah PT Central Mega Kencana ini memiliki dua brand yaitu Mondial dan Miss Mondial. Perhiasan yang dihadirkan sangat lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Selain koleksi perhiasan yang lengkap, Mondial dan Miss Mondial memiliki keunggulan lainnya dari segi model perhiasan. Tersedia banyak sekali model perhiasan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Kunjungi langsung store yang ada di kota Bandung, Jakarta, Medan, dan Surabaya untuk membeli salah satu koleksi tersebut. Jika ingin membeli secara online, Anda bisa mengunjungi website resminya di mondialjeweler.com.