Cara Merawat Diamond Jewellery agar Tetap Berkilau

0
318
diamond jewellery

Perhiasan berlian bukan hanya simbol keindahan, tetapi juga investasi berharga. Agar tetap bersinar dan mempesona, diamond jewellery yang Anda koleksi atau Anda miliki memerlukan perawatan khusus.

Dalam artikel ini, kami akan coba membahas kiat-kiat praktis untuk merawat keindahan abadi perhiasan berlian Anda tanpa ribet. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1.  Cegah dari Paparan Produk Kimia

Hal pertama, hindari paparan perhiasan berlian Anda dari produk kimia. Zat-zat seperti deterjen, cairan pembersih, dan bahan kimia rumah tangga dapat merusak kilau alami batu permata dan logam. Saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau menggunakan bahan kimia, disarankan untuk melepas perhiasan Anda terlebih dahulu.

2.  Bersihkan Perhiasan Secara Rutin

Membersihkan perhiasan berlian asli secara rutin adalah kunci untuk mempertahankan kilau dan bersihnya. Gunakan air hangat dan sabun lembut untuk membersihkan perhiasan. Sikat perhiasan dengan sikat gigi lembut atau sikat khusus perhiasan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di antara batu permata dan di bagian logam.

3.  Menyimpannya Secara Hati-Hati

Saat Anda tidak mengenakan perhiasan berlian, alangkah baiknya Anda simpan dengan hati-hati. Hindari menumpuk beberapa perhiasan bersama-sama karena gesekan antar logam dan batu permata dapat menyebabkan goresan atau kerusakan. Simpan perhiasan di dalam kotak atau tas khusus perhiasan yang dilapisi dengan bahan lembut untuk mencegah gesekan.

4.  Hindari Kontak dengan Permukaan yang Keras

Perhiasan berlian adalah jenis logam dan batu yang keras, tetapi batu permata tersebut tetap rentan terhadap goresan dan kerusakan jika bersentuhan dengan permukaan keras. Hindari mengenakan perhiasan saat Anda berolahraga atau beraktivitas fisik yang melibatkan kontak langsung dengan permukaan keras.

5.  Periksa Perhiasan Secara Rutin

Rutin memeriksa perhiasan berlian dapat mencegah masalah lebih besar. Periksa apakah batu permata longgar atau ada kerusakan pada logam. Jika Anda menemukan masalah, segera perbaiki di toko perhiasan profesional. Jangan mencoba memperbaiki sendiri, karena ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Carilah orang yang profesional dan berpengalaman untuk mengatasinya.

6.  Jauhkan Perhiasan dari Panas yang Ekstrim

Berlian adalah batu yang keras, tetapi panas yang ekstrim dapat merusak perhiasan Anda. Hindari memakai perhiasan berlian saat berada di lingkungan yang sangat panas, seperti sauna atau kolam air panas. Suhu yang tinggi dapat merusak logam atau menyebabkan perubahan pada batu permata.

7.  Keringkan Menggunakan Kain Microfiber

Setelah membersihkan perhiasan, gunakan kain microfiber untuk mengeringkannya. Kain ini lembut dan tidak akan meninggalkan goresan pada batu permata atau logam. Hindari menggunakan kain kasar, karena dapat menyebabkan goresan atau menggores permukaan perhiasan.

8.  Hindari Sentuhan dengan Perhiasan Berlian Lain

Perhiasan berlian yang satu dapat merusak yang lain jika bersentuhan. Sebaiknya simpan setiap perhiasan berlian secara terpisah atau gunakan pembatas perhiasan yang lembut untuk mencegah gesekan dan goresan.

Rekomendasi Perhiasan Berlian Berkualitas

Merawat perhiasan berlian asli tidaklah sulit. Dengan perawatan yang tepat, keindahan abadi batu permata dan keelokan logam dapat dijaga. Bagi Anda yang ingin menambah koleksi perhiasan berlian, Anda bisa mendapatkannya di MONDIAL.

MONDIAL merupakan brand sekaligus butik perhiasan yang memiliki nama besar dan bertaraf internasional. Ada banyak perhiasan eksklusif yang terjamin keaslian dan juga kualitasnya. Selain itu, perhiasan di sini juga didesain oleh desainer yang handal dan berpengalaman.

Demikian informasi seputar tips merawat diamond jewellery agar tetap berkilau dan juga utuk mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.