Cara Mengetahui Perkembangan Kognitif Anak

0
38
perkembangan kognitif anak
perkembangan kognitif anak

Kognitif merupakan berbagai aktivitas mental yang membuat suatu individu mampu menghubungkan, mempertimbangkan dan juga menilai suatu peristiwa. Hal ini juga terjadi pada anak-anak. Itulah kenapa, bagi setiap orangtua, wajib mengetahui perkembangan kognitif anak sejak dini.

Pada dasarnya, perkembangan kognitif sudah dimulai pada usia 0 hingga 24 bulan. Umumnya setiap bayi yang baru saja lahir sudah memiliki refleks bawaan dan juga dorongan untuk mengeksplorasi dunianya.

Namun, di usia 0 hingga 24 bulan, kemampuan bayi masih terbatas pada gerak refleks dan juga panca inderanya. Namun, seiring dengan perkembangan usianya, kebiasan-kebiasaan pun turut berkembang.

Bayi yang sudah berusia 18 bulan umumnya sudah bisa menciptakan simbol-simbol dalam suatu benda dan juga fungsi beberapa benda yang tidak asing bagi dirinya sendiri. Selain itu, anak-anak sudah mulai mampu melihat hubungan antara peristiwa dan juga mengenali mana orang asing dan mana orang terdekat.

perkembangan kognitif anak

Kemudian perkembangannya akan memasuki tahap praoperasional pada usia 2 hingga 7 tahun. Di usia ini, si kecil sudah bisa menerima rangsangan meskipun masih terbatas. Anak-anak di usia tersebut juga sudah bisa masuk ke dalam lingkungan sosial. Selain itu, mereka juga sudah mulai bisa menggunakan operasi mental.

Lalu pada usia 7 hingga 11 tahun, si kecil sudah bisa melakukan pengurutan dan juga klasifikasi pada berbagai objek dan juga situasi tertentu. Si kecil juga sudah memiliki kemampuan berpikir dan juga mengingat secara logis.

Pada usia 7 hingga 11 tahun, perlahan sifat egosentrisnya mulai menghilang secara perlahan. Mereka sudah bisa melihat berbagai masalah atau kejadian dari sudut pandang orang lain, dan tidak hanya selalu dari sudut pandangnya sendiri.

Kemudian pada usianya yang memasuki 11 tahun, si kecil sudah bisa berpikir secara abstrak dan juga menguasai penalaran. Si kecil juga sudah bisa menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia. Mereka juga sudah memahami konsep yang bersifat abstrak seperti nilai dan juga cinta.

Itulah perkembangan kognitif anak yang penting untuk diperhatikan. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, mam bisa mengoptimalkannya dengan memberi susu dari Wyeth Nutrition sesuai dengan usia si kecil.