Perkembangan Usia Janin Trimester Ketiga

0
48
usia janin
usia janin

Informasi mengenai Ibu dan bayi bisa kita lihat secara lengkap di bidansela.com, salah satunya informasi mengenai janin pada trimester yang ketiga. Ketika janin telah memasuki trimester ketiga, tentu bunda akan merasa bahagia. Pasalnya memang pada usia ini bunda akan segera melihat buah hatinya yang lahir ke dunia. Iya setelah sekian lama mengalami proses perkembangan di dalam perut, pada trimester ketiga janin sudah siap untuk keluar.

Pada trimester ketiga pada umumnya janin sudah memiliki berat hingga satu kilogram yang mana janin pun telah memiliki otot dan paru-paru yang semakin berkembang. Pada usia janin trimester ketiga, kepala pada janin akan terus tumbuh untuk mengikuti perkembangan sel saraf pada otak. Pada trimester ketiga kulit pada janin pun akan semakin keriput dan menjadi halus yang diakibatkan oleh adanya lemak pada tubuh yang terus bertambah.

usia janin
                                                                       usia janin

Kemudian janin pun juga akan mulai berkedip dan tumbuhlah beberapa bagian tubuh seperti bulu mata, rambut, dan kuku. Kemudian pada usia ini janin sudah memiliki berat badan yang cukup bahkan hingga mencapai 3 kg dengan panjang 48 cm. Nah berikut beberapa tahap perkembangan janin pada trimester ketiga.

  • Minggu ke – 31

Pada usia ini, janin telah mampu bergerak-gerak, bahkan bunda mungkin akan merasakan tendangan-tendangan dari si kecil dalam perut. Rahim akan membesar sehingga bunda terkadang akan merasakan nyeri pada ulu hati dan pernafasan pun agak sesak.

  • Minggu ke-34

Pada usia ini, janin telah mengalami perkembangan pada sistem saraf pusat, serta bagian paru-parunya pun akan semakin matang sehingga pergerakannya tidak sesering sebelumnya.

  • Memasuki minggu ke-36

Pada usia 36 minggu, janin dalam kandungan akan semakin turun ke daerah panggul, hal ini menandakan bahwa janin telah siap untuk dilahirkan. Pada masa ini, umumnya bunda akan sering mengalami keputihan dan juga kontraksi memasuki minggu ke 37. Nah dalam hal ini bunda disarankan untuk mewaspadai gejala-gejala dari kondisi preeklamsia yang merupakan komplikasi kehamilan yang biasanya ditandai dengan adanya hipertensi dan juga rusaknya organ janin.

  • Minggu ke-39

Ketika usia janin telah mencapai minggu ke-39, air ketuban akan mulai pecah yang menandakan bahwa bunda akan mengalami proses persalinan. Sebaiknya segera hubungi tenaga pembantu persalinan yang profesional untuk keselamatan bunda dan si kecil.