Nutrisi Terbaik Anak yang Sangat Penting Untuk Dipenuhi

0
273
nutrisi terbaik anak
nutrisi terbaik anak

Memberikan asupan nutrisi terbaik anak sejak dalam masa kandungan hingga usia 3 tahun, tentunya akan membuat tumbuh kembangnya menjadi sangat optimal. Tak hanya pertumbuhan fisik, perkembangan otaknya juga akan semakin baik. Lantas, nutrisi apa saja yang perlu dipenuhi untuk si kecil ini ? Berikut diantaranya : 

  • AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid acid)

Nutrisi terbaik anak dari kandungan AA dan DHA ini bisa ditemukan dengan mudah dalam ASI,  ikan tuna, salmon, sarden, daging, telur dan makarel. Nah kandungan AA dan DHA ini sangat penting diberikan kepada anak anda karena bisa mendatangkan manfaat untuk membantu membentuk sistem saraf pusat dan mempertajam fungsi penglihatan. Yang dimana kandungan DHA ini sendiri sangat berperan dalam pembentukan sel saraf dan synapse (cabang sel saraf). Sementara, untuk kandungan AA sendiri, sejatinya bisa berfungsi untuk neurotransmitter (zat penghantar). Dan biasanya kandungan AA dan DHA ini juga terdapat pada kandungan susu untuk si kecil.

  • Asam Amino 

Kandungan asam amino ini dapat mudah ditemukan pada kacang kedelai. Yang mana bahan makanan yang satu ini adalah merupakan salah satu sumber asam amino dengan kualitas yang hampir menyerupai protein hewani. Cukup banyak varian dari kacang kedelai yang dijual di pasaran namun alangkah baiknya bila diolah sendiri di rumah. Jagung, avokad, gandum serta putih telur adalah beberapa bagian yang memiliki nilai sama dengan kacang kedelai.

  • Asam lemak omega 3, 6, 9

Kandungan asam lemak omega 3, 6, 9 ini sejatinya sangat penting untuk membentuk pembungkus saraf dan menjaga kesehatan. Hanya saja, untuk asam lemak omega-3 ini tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan ataupun sumber multivitamin lainnya. Namun pada kenyataannya, justru asupan omega-3 ini adalah salah satu kandungan yang paling kurang didapatkan dalam pola makan si kecil sehari-hari, terutama bagi anak yang sulit sekali makan. Maka dari itu cara untuk mensiasati agar nutrisi terbaik anak ini bisa terpenuhi maka mengkonsumsi susu berprotein tinggi adalah solusi yang tepat. Atau bisa juga dengan menggunakan product multivitamin lainnya yang banyak tersebar di pasaran.