3 Jenis Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Yang Mudah Ditemui

0
870
kesehatan

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang dianugerahi kekayaan alam berupa beragam tumbuh-tumbuhan. Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan yang menyediakan berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, berbagai tumbuh-tumbuhan ini juga menawarkan khasiat untuk kesehatan tubuh dan sejak dulu banyak digunakan untuk mengobati penyakit luar dan dalam.

Di zaman modern seperti ini, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa beragam jenis tanaman di Indonesia memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, bahkan telah banyak diolah dengan teknologi canggih untuk mendapatkan manfaatnya. Tanaman herbal untuk kesehatan kini semakin banyak dipilih karena aman dikonsumsi dalam jangka panjang, berbeda dengan obat kimia yang memiliki risiko gangguan penyakit jika dikonsumsi secara terus menerus. Berikut ini jenis tanaman herbal dengan manfaatnya yang bisa anda jadikan pilihan.

  • Belimbing wuluh

Meskipun namanya belimbing, namun bukan berarti bentuknya seperti buah belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh disebut juga dengan sebutan belimbing sayur karena sering digunakan sebagai bumbu masakan yang memberikan rasa asam yang cukup kuat. Selain itu, belimbing wuluh juga memiliki khasiat sebagai tanaman herbal untuk kesehatan mulai dari bagian buah, batang dan daun serta bunganya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Buah asam ini berkhasiat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, sariawan, obat pegel linu, dan bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit gigi.

  • Temulawak

Temulawak sejak dulu memang telah banyak diketahui banyak orang sebagai tanaman herbal berkhasiat. Bagian akar temulawak merupakan yang paling banyak dimanfaatkan, bagian akar ini disebut juga dengan rimpang. Temulawak berkhasiat untuk mengatasi gangguan ginjal, melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan jantung, dan meningkatkan kesehatan hati. temulawak juga bisa digunakan bersama jenis rempah lainnya untuk menyembuhkan penyakit.

  • Kumis kucing

Kumis kucing yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus merupakan tanaman yang mudah ditemui di Indonesia. kumis kucing sejak dulu digunakan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit seperti kencing batu, rematik, asam urat, batuk, masuk angin, diabetes, dan hipertensi.

Itulah 3 jenis tanaman herbal untuk kesehatan yang berada di sekitar kita, semoga bermanfaat.