Aneka Penyebab Ketombe di Kulit Kepala

0
1237
penyebab ketombe

Penyebab ketombe memang banyak faktor yang mempengaruhinya, munculnya ketombe dapat disebabkan karena faktor-faktor tertentu. Paling banyak ketombe muncul disebabkan karena pengaruh fungsi atau jamur. Biasanya jamur akan banyak bermunculan pada mereka yang jarang membersihkan rambutnya.

Selain jamur, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga bisa menyebabkan munculnya masalah ini. Jadi, gunakan selalu produk atau shampoo yang sesuai dengan kondisi kulit, dapat juga menggunakan Clear untuk kesehatan rambut.

Memiliki ketombe di kulit kepala merupakan masalah yang cukup serius, apalagi jika ketombe tersebut membandel atau sulit hilang. Yang harus dihindari adalah penyebab ketombe tersebut bisa muncul pada kulit kepala! Berikut adalah beberapa penyebabnya :

  • Kulit kering. Kulit yang kering adalah penyebab yang paling umum terhadap munculnya ketombe. Ketombe akibat kulit kering memang pengaruhnya lebih kecil dibandingkan dengan faktor yang lainnya. Biasanya bisa dilihat gejala dan tanda-tanda kulit kering pada bagian lain selain kulit kepala, misalnya pada tangan dan juga kaki.
  • Iritasi dan dermatitis seboroik atau kulit berminyak. Kondisi ini juga sering menyebabkan munculnya ketombe. Gejala yang muncul biasanya kulit berminyak berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau sisik berwarna kekuningan. Dermatitis seboroik bisa memengaruhi daerah tubuh lain yang kaya akan kelenjar minyak, misalnya alis mata, hidung bagian samping, tulang dada, selangkangan, dan ketiak.
  • Kurang keramas. Jika kurang mencuci rambut, minyak dan juga sel kulit kepala bisa menumpuk dan menyebabkan ketombe.
  • Infeksi jamur. Jamur apabila berkembang secara berlebihan, akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Iritasi yang terjadi menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang lebih cepat. Sel kulit yang berlebihan akan mati dan menempel pada rambut, dan akhirnya jatuh ke pakaian sebagai ketombe.

Sangat menakutkan apabila melihat dari penyebab ketombe yang ada pada kulit kepala, namun hal tersebut dapat diatasi dengan berbagai macam cara sehingga ketombe tidak akan muncul kembali. Dapat pula di baca artikel sebelumnya dengan judul cara mengatasi ketombe dengan menggunakan Clear.