Tips Memilih Sayuran yang Sehat dan Segar

0
1292

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang akan memberikan kita berbagai macam gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran yang segar dan sehat, maka segala macam kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita akan terpenuhi dengan baik, akan tetapi ada beberapa macam sayuran yang tidak layak untuk kita konsumsi karena dalam kondisi yang kurang baik.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kita praktekan untuk bisa memilih sayuran yang baik dan dalam kondisi yang segar. Tips tersebut diantaranya adalah :

  • Pastikan sayuran yang akan kita beli dalam kondisi yang baik. Sayuran yang memiliki kondisi yang baik dan layak konsumsi memiliki cirri-ciri tersendiri diantaranya adalah daunnya yang segar dan tidak berubah warna, tidak berbau busuk serta tidak layu
  • Pisahkan sayuran yang telah kita beli dengan belanjaan lain. Salah satu cara agar kita memiliki sayuran dalam kondisi yang baik dan tetap segar adalah dengan menyimpan sayuran yang telah kita beli dan memisahkannya dengan belanjaan yang lain. Pastikan juga tempat penyimpanan tersebut dalam keadaan yang bersih dari berbagai macam kotoran.
  • Apabila sayuran yang telah kita beli mengalami kerusakan pada bagian tertentu, buanglah bagian tersebut. Hal ini bertujuan agar sayuran tersebut tidak cepat busuk karena bagian yang telah rusak tadi akan membuat proses pembusukan akan semakin cepat.
  • Pisahkan sayuran dengan bahan makanan lain ketika kita menyimpan sayuran dilemari es. Jangan simpan sayuran yang kita miliki bersamaan dengan daging atau bahan makanan lain. Daging pada khususnya memiliki sebuah bakteri yang akan mengkontaminasi sayuran yang kita miliki, sehingga sayuran tersebut akan cepat membusuk dan tidak segar lagi.
  • Cucilah sayuran dengan baik sebelum disimpan. Meskipun sayuran yang telah kita beli dalam kondisi yang bersih dan tidak kotor, akan tetapi alangkah baiknya apabila sayuran tersebut kita cuci terlebih dahulu sebelum disimpan dan diolah karena kita tidak tahu kuman atau bakteri apa saja yang mungkin menempel pada sayuran tersebut.