Tips Mencegah Keputihan

0
613
Tips Mencegah Keputihan
Tips Mencegah Keputihan

abhtf – Keputihan adalah masalah bagi setiap wanita meski reaksi keputihan memang sangat wajar terjadi dan biasanya muncul menjelang periode menstruasi baik atau sesudah menstruasi selesai. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah kondisi keputihan itu sendiri. Keputihan bisa terjadi dengan beberapa karakter seperti putih, penuh air, lengket, hijau kekuningan atau bau yang tidak sedap. Dan hal itu umumnya mengganggu bagi setiap wanita. Oleh karena itu diperlukan beberapa tips untuk mencegah keputihan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah keputihan, yaitu :

Tips Mencegah Keputihan
Tips Mencegah Keputihan

1. Jaga Kebersihan Pakaian dan Daerah Vagina.

Menjaga kebersihan seputar daerah “V” adalah hal terpenting untuk mencegah keputihan juga menghindari penyakit reproduksi bagi wanita. Keputihan  berhubungan dengan kondisi kesehatan dan kebersihan pada rongga vagina. Untuk itu menjaga kebersihan juga bisa membantu menghilangkan keputihan secara alami. Upayakan mencuci vagina setelah buang air kecil dan besar dengan gerakan dari bagian depan ke belakang dengan bersih. Serta perhatikanlah  kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan jenis pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyebabkan area vagina menjadi tidak lembab dan kering. Hindari menggunakan bahan sintetis karena panas yang  menghasilkan keringat berlebihan. Selain itu untuk pakaian luar hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, Seperti jeans. Gunakan celana yang longgar sehingga area reproduksi menjadi lebih nyaman.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berminyak.

Makanan berminyak yang mengandung lemak  bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Karena makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat.

3. Menggunakan Panti Liner.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah keputihan, Anda bisa menggunakan Panty Liner. Panty Liner merupakan Pembalut tipis yang akan merubah kondisi pH dalam vagina dan memerangi pertumbuhan bakteri buruk yang berlebihan. Wanita disarankan untuk memilih jenis panty liner yang terbuat dari kapas murni dan bisa membentuk kondisi lingkungan yang nyaman untuk vagina. Hindari jenis panty liner yang terbuat dari campuran bahan sintetis.

4. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina.

Ternyata dengan menggunakan  cairan pembersih vagina bisa meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik.